Fakultas Hukum

FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS PATTIMURA AMBON
PROGRAM STUDI S1

PROFIL FAKULTAS DAN PRODI ILMU HUKUM

Terakreditasi (Program Accredited by) : BAN-PT No. 032/BAN-PT/Ak-XIV/S1/X/2011

Fakultas Hukum Universitas Pattimura (Unpatti) merupakan salah satu dari delapan fakultas di Universitas Pattimura dengan satu  program studi yaitu Program Studi Ilmu Hukum.  Sebagai cikal bakal berdirinya Universitas Pattimura, fakultas hukum menjadi fakultas tertua dalam lingkungan  Universitas Pattimura.  Merupakan satu-satunya Program Studi Ilmu Hukum  pada Perguruan Tinggi Negeri di Maluku.  Dengan motto    Ad Augusta Per Angusta berkembang dalam harapan  dan  tantangan yang dipengaruhi oleh berbagai faktor, baik eksternal maupun internal.

Keberadaannya di pusat kota,  wilayah pendidikan dan pemerintahan, memiliki aksesibilitas tinggi terhadap daerah-daerah sekitarnya dalam wilayah kepulauan Maluku yang sementara berkembang dan mengembangkan otonomi daerah dengan berbagai implikasinya sangatlah berpengaruh.

Sebagai unsur pelaksana pendidikan tinggi yang melaksanakan pendidikan akademik, Fakultas Hukum dengan Program Studi Ilmu Hukum  memegang peranan penting dalam ikut serta mewujudkan arah dan tujuan pembangunan di bidang hukum dengan menghasilkan lulusan sarjana hukum yang profesional dan kompeten dan kualitas. Untuk menjawab berbagai tantangan dan juga harapan pemerintah, dunia usaha maupun masyarakat, Program Studi Ilmu Hukum terus berupaya membenahi diri melalui berbagai kebijakan program pengembangan.

VISI, MISI, TUJUAN dan SASARAN

Visi
“Menjadi Lembaga Pendidikan Tinggi Hukum dalam kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi mampu menghasilkan Sarjana Hukum yang bermoral Pancasila, Berkualitas, Mandiri, serta dapat berkompetensi dan menyesuaikan diri dengan berbagai perubahan yang terjadi dalam masyarakat.”

Misi
Menyelenggarakan fungsi Pembelajaran, Penelitian, Pengabdian  kepada masyarakat di bidang Pola Ilmiah Pokok “Bina Mulia Kelautan” dengan muatan futuristik untuk:

  1. Menciptakan dan membina kehidupan akademik yang sehat dan kondusif untuk menghasilkan Sarjana Hukum yang Bertaqwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak dan berbudi luhur, menguasai ilmu hukum dan peraturan perundang-undangan, dan peka dengan kondisi objektif masyarakat;
  2. Membangun dan membina tradisi ilmiah dalam bidang hukum;
  3. Menemukan nilai-nilai dan gagasan-gagasan hukum dalam masyarakat melalui penelitian hukum sebagai bahan penyusunan peraturan perundang-undangan, maupun penciptaan dan pengembangan teori hukum;
  4. Diseminasi beberapa peraturan perundangan yang berlaku kepada masyarakat melalui dharma pengabdian kepada masyarakat.
  5. Menjadikan masyarakat adat sebagai laboratorium hukum dalam pelaksanaan dan pengembangan tridharma perguruan tinggi di bidang hukum;
  6. Membangun kerjsama yang bermanfaat ganda dengan pemerintahan (Pusat dan daerah) untuk keperluan:
    • Pembelajaran, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat di bidang hukum
    • Pengembangan sumber daya manusia (Tenaga pendidik dan mahasiswa) berkualitas, baik secara formal maupun informal.

Tujuan dan Sasaran

 1) Tujuan

Meningkatkan sistem pendidikan secara proporsional, dengan senantiasa menjaga kualitas pembelajaran serta mampu menghasilkan lulusan yang berkualitas.

2) Sasaran

  1. Peningkatan kualitas proses pembelajaran, kompetensi tenaga pendidik dan sarana/prasarana pembelajaran;
  2. Peningkatan pelayanan administrasi akademis secara terpadu;
  3. Peningkatan akreditasi civitas akademika dan tenaga kependidikan.

Kinerja Pendidikan dan Pengajaran

Jumlah mahasiswa Fakultas Hukum Unpatti meningkat secara signifikan dari tahun ke tahun. Jumlah mahasiswa pada Tahun akademik 2015/2016 adalah sebanyak 1.450 mahasiswa, yang terdiri dari mahasiswa reguler dan non-reguler.  Kinerja pendidikan dan pengajaran menunjukkan perubahan yang berarti, yakni berkurangnya lulusan dengan IPK di bawah 2,75, dan IPK rata-rata meningkat menjadi 3,5  dengan masa studi 4,5 tahun.

Kinerja Penelitian

Kegiatan Penelitian yang dilakukan oleh Dosen pada Fakultas Hukum Unpatti terdiri dari Penelitian Mandiri, Penelitian yang dibiayai oleh Dikti maupun penelitian yang merupakan kerja sama dengan instansi di luar Dikti.

Kinerja Pengabdian Kepada Masyarakat

Pengembangan kegiatan pengabdian kepada masyarakat mengalami peningkatan, terutama dalam penggunaan sumberdaya dosen untuk kegiatan pembuatan peraturan perundang-undangan maupun saksi ahli dalam perkara-perkara pedata, pidana maupun administrasi negara.

Kinerja Organisasi dan Sumberdaya

Kinerja Organisasi pada Fakultas Hukum dipandu oleh berbagai peraturan, termasuk di dalamnya SOP yang mengatur tentang standar dan prosedur operasional.

Fakultas Hukum sebagai sebuah organisasi dipimpin dan dikelola oleh pimpinan fakultas dengan kepemimpinan yang kredibel, transparan, akuntabel, bertanggungjawab, dan adil.

Sumber daya dosen yang ada di fakultas hukum sebanyak 92 orang. Dari klasifikasi jabatan fungsional,  terdapat 3 orang Guru Besar, 22 orang  Lektor Kepala, 42 orang Lektor dan 25 orang Asisten Ahli. Dari tingkatan pendidikan, terdiri dari 32 Doktor, 52 Magister selain dosen, tenaga kependidikan juga memiliki peranan penting dalam proses pengembangan fakultas. Di Fakultas Hukum terdapat 23 tenaga kependidikan dengan kualifikasi pendidikan S1 sebanyak 8 orang dan SMK sebanyak 14 orang.

Prasarana dan Sarana

Peningkatan pemenuhan sarana dan prasana merupakan kebutuhan yang harus diupayakan setiap tahun. Dalam menunjang kegiatan proses pembelajaran (kuliah, praktikum, administrasi dan penunjang lainnya) sampai dengan tahun 2015 Fakultas Hukum Universitas Pattimura telah memiliki gedung yang representatif dengan ruangan baik untuk perkuliahan, praktek, laboratorium, dosen, dan tenaga administrasi yang  meliputi :

  1. Lantai I, yang sebagian besar digunakan untuk kegiatan perkantoran, perpustakaan, ruang LBH, Ruang Pusat Kajian, Ruang, Ruang Pengelola KKN, dan lain-lain dengan luas total 1631.3 M2
  2. Lantai II, yang sebagian besar digunakan untuk Ruang Kuliah, Ruang bagian Keperdataan, Ruang Bagian Pidana, Ruang Bagian Internasional, Ruang bagian Hukum Tata Negara/Administrasi Negara, Ruang Program Studi, Ruang DPMF, Ruang Ujian Sarjana, Ruang Pimpinan Fakultas (Dekan, dan para Pembantu Dekan), Ruang Rapat Dosen, Ruang Rapat Senat, dan lain-lain dengan luas total 1074.38 M2.
  3. Lantai III, yang sebagian besar digunakan untuk Auditorium, Ruang Data Video Conference, Ruang Server Video Conference, Ruang Kuliah, Ruang Peradilan Semu, Ruang Laboratorium dan lain-lain dengan luas total 756.75 M2.

Pada tahun 2015 semua ruang kuliah yang ada telah dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang memadai, diantarnya seluruh ruang kuliah yang ada telah dilengkapi dengan: OHP, papan tulis, komputer dan infokus projector serta AC, sehingga dapat memenuhi kebutuhan minimal proses belajar mengajar.

Ruang kuliah saat ini sudah memenuhi 100% dengan rasio satu ruang kuliah : 1 (satu) infokus dan Laptop serta AC. Untuk kegiatan seminar dan ujian skripsi telah disediakan ruang yang dilengkapi dengan sarana dan prasarana penunjang sehingga kegiatan seminar maupun ujian skripsi dapat berjalan dengan baik.

Perkembangan Mahasiswa Baru

Pada tahun akademik  2015/2016, jumlah mahasiswa yang mengikuti seleksi masuk fakultas hukum adalah sebanyak 2.893 orang, dan yang diterima adalah sebanyak 687 orang, meningkat dibandingkan tahun akademik sebelumnya yaitu yang mengikuti seleksi adalah sebanyak 2389, dan yang diterima adalah sebanyak 517 orang.