Identitas Universitas

PENDIDIKAN DI UNIVERSITAS PATTIMURA:

Tujuan umum program akademik adalan menyiapkan peserta didik (mahasiswa) menjadi warga Negara yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berjiwa Pancasila, memiliki integritas kepribadian yang tinggi, terbuka dan tanggap terhadap perubahan dan kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi, kesenian, dan masalah yang dihadapi masyarakat, khususnya yang berkaitan dengan bidang keahliannya.

Program Pendidikan akademik yang diselenggarakan oleh Universitas Pattimura terdiri atas Program Sarjana dan Program Pasca Sarjana.

  1. Program Sarjana merupakan jenjang pertama program akademik yang dijadwalkan sekurang-kurangnya 8 semester dan dapat ditempuh dalam waktu kurang dari 8 semester dan selama-lamanya 14 semester. Program Sarjana dapat ditempuh sebagai program Reguler yang berjumlah 44 program studi dan program Reguler II yang berjumlah 34 program studi.
  2. Program Pasca Sarjana terdiri atas Program Magister dan Program Doktor. Program Magister merupakan jenjang kedua program akademik dengan 7 program studi yang dijadwalkan untuk 4 semester dan dapat ditempuh dalam waktu 4 – 10 semester setelah program Sarjana. Program Doktor merupakan jenjang ketiga program akademik yang dijadwalkan untuk 4 semester dan dapat ditempuh dalam waktu 4 – 10 semester setelah Program Magister

LAMBANG DAN MOTTO UNIVERSITAS PATTIMURA:

Universitas Pattimura mempunyai lambang yang terurai sebagai berikut:

  • Dasar lambang adalah perisai bersegi lima yang menggambarkan pertahanan serta jiwa Pancasila sebagai landasan dan jiwa dan segala bentuk perjuangan dan Dharma Bhakti Universitas Pattimura.
  • Obor Pattimura, Pahlawan Nasional yang berasal dan Daerah Maluku dengan lidah nyala obor bercabang tiga melambangkan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Dharma tersebut harus dilaksanakan dengan jiwa dan semangat kepahlawanan.
  • Bunga teratai melambangkan llmu Pengetahuan dan Kearifan.
  • Mutiara melambangkan ketabahan dalam menuntut llmu dan ketabahan dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, untuk memperoleh hasil yang bermutu. Tiga butir mutiara serta kesepuluh dasar mahkota dan kelopak daun teratai menggambarkan hari lahir Universitas Pattimura yaitu tanggal 3 Oktober.

Dengan diterbitkannya Surat Keputusan Presiden Nomor 66 tanggal 23 April Tahun 1963 maka hari lahir Universitas Pattimura dirayakan pada setiap tanggal 23 April, walaupun lambang tiga butir mutiara serta kesepuluh dasar mahkota dan kelopak daun teratai tetap dipertahankan sesuai data sejarah.

Arti warna pada lambang

  • Warna kuning emas pada teratai, melambangkan pendidikan mendapat tempat yang tinggi dan dihormati
  • Warna putih pada tiga butir mutiara, artinya tidak boleh dicemari oleh kegiatan politik
  • Warna merahkuning  pada lidah api, yang selalu menyala membakar semangat Tri Dharma agar tetap giat dalam penerapannya
  • Warna biru melambangkan kelautan
  • Warna hitam pada obor tidak mengandung arti apa-apa

MOTTO UNIVERSITAS PATTIMURA:

HOTUMESE: Berkembang dalam tantangan


LAGU HIMNE UNIVERSITAS PATTIMURA:

Universitas Pattimura Pelambang kecerdasan Nusa Bangsa
Lambang Penjelmaan tuntutan sejarah
pewujud idaman Bhineka Tunggal lka.

Reff :
Padamu Kuberjanji, Untukmu Kuberbakti, Bagimu Kumengabdi, untuk kejayaan lbu Pertiwi,
Universitas Pattimura pembina generasi Pancasila
Pusat Penelitian llmu Pengetahuan untuk pengabdian kemasyarakatan


LAGU MARS UNIVERSITAS PATTIMURA:

Perguruan Tinggi Indonesia Pelambang kecerdasan bangsa dan cermin bagi jelata, sadar akan panggilannya.
Dengan Dharma Pendidikan dan Research serta pengabdian, setia membina masyarakat bangsa wujudkan cita-cita Pancasila.
Universitas Pattimura sumber penggerak pembaharuan.

Hiduplah (hiduplah) Hiduplah jiwanya, suburlah raganya.
Universitas Pattimura setia mencipta kader bangsa, menyimpan
angkatan pembangunan merata di seluruh Nusantara