Prodi Pendidikan Ekonomi

Profil Program Studi Pendidikan Ekonomi


Terakreditasi: BAN-PT No. 030/SK/BAN-PT/Ak-XV/S/1/2013
GelarLulusan: Sarjana Pendidikan (S.Pd)
Ijin Penyelenggaraan: Keputusan Dirjen Dikti No. 238/Dikti/KEP/1996 tertanggal 11 Juli 1996.
Kesetaraan dalam KKNI: Level 6 KKNI.

Tujuan:

  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan akademik yang berkualitas, kreatif, Inovatif dan  berkompetensi dalam bidang pendidikan ekonomi, akuntansi, manajemen dan perpajakan untuk menjawab kebutuhan dunia kerja di masyarakat.
  2. Meningkatkan profesionalisme tenaga pengajar dalam dunia pendidikan.
  3. Meningkatkan aktivitas penelitian di bidang pendidikan ekonomi akuntansi, manajemen dan perpajakan yang berdaya saing bagi pengembangan dunia pendidikan.
  4. Meningkatkan aktivitas di bidang pengabdian masyarakat.
  5. Meningkatkan kerjasama antar instansi/lembaga yang terkait guna mendukung mutu pendidikan di daerah.

Materi Yang Dipelajari:
Landasan Pendidikan, Telaah Kurikulum dan Buku Teks SMP/SMA/SMK, Perkembangan Peserta Didik, Belajar dan Pembelajaran, Evaluasi Pembelajaran, Perencanaan Pembelajaran, Media Pembelajaran, Micro Teaching, Praktek Profesi Keguruan I PPL II, Pengantar Ekonomi Mikro, Pengantar Ekonomi Makro, Teori Ekonomi Mikro, Teori Ekonomi Makro

Profll Lulusan:
Profil lulusan Program Studi Pendidikan Ekonomi adalah:

  1. Guru Ekonomi yang Profesional;
  2.  Wirausaha;
  3. Peneliti Pendidikan Ekonomi, dan;
  4. Perencana  dan Analis.

Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Pendidikan Ekonomi:

A. Pengetahuan

  1. Memiliki kemampuan untuk merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi kegiatan pembelajaran ekonomi.
  2. Menguasai konsep-konsep ilmu ekonomi, akuntansi, manajemen dan mampu membelajarkan serta menerapkannya.
  3. Memiliki kemampuan melakukan penelitian di bidang pendidikan ekonomi dan ekonomi.
  4. Menguasai dan memiliki kemampuan  untuk menerapkan konsep-konsep kewirausahaan.
  5. Memiliki kecakapan dalam mengelola usaha
  6. Memiliki kemampuan dalam menyusun perencanaan pembangunan dan analisis di bidang ekonomi.
  7. Mampu menganalisis permasalahan di bidang ekonomi dan tanggap terhadap dinamika ekonomi.

B. Keterampilan Umum:

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetabuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
  2. Menguasai konsep dan teori kependidikan
  3. Mampu mengelola pembelajaran secara mandiri, bermutu, dan terukur.
  4. Menguasai berbagai teori belajar dan teori psikologi.
  5. Memiliki kemampuan dalam menerapkan etika dan tanggung jawab profesi guru.
  6. Memiliki kemampuan berbabasa Indonesia, berbahasa asing (Bahasa Inggris) dan komputer.

C. Keterampilan Khusus:

  1. Mampu merencanakan, mengimplementasikan dan mengevaluasi pembelajaran ekonomi secara inovatif dengan mengaplikasikan konsep pedagogik dan keilmuan ekonomi serta memanfaatkan berbagai sumber belajar dan IPTEKS yang berorientasi pada kecakapan hidup.
  2. Mampu menganalisis dan mengaplikasikan teori-teori bidang keilmuan dalam kehidupan nyata.
  3. Mampu memanfaatkan dan mengaplikasikan perangkat serta program teknologi informasi dan komunikasi yang relevan untuk pembelajaran ekonomi.
  4. Mampu merancang dan melaksanakan penelitian sesuai kaidah penelitian ilmiah untuk  menghasilkan alternatif penyelesaian masalah di bidang pendidikan dan keilmuan yang terkait serta mempublikasikan hasilnya dengan memanfaatkan teknologi informasi.
  5. Mampu menciptakan usaha yang sesuai dengan perkembangan dunia bisnis.
  6. Mampu menerapkan prinsip-prinsip manajemen dan pengelolaan organisasi di bidang pendidikan dan non-kependidikan.

D. Sikap

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
  4. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinil orang lain.
  5. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
  6. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
  7. Mengintemalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
  8. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
  9. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
  10. Mempunyai ketulusan, komitmen, kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan peserta didik dengan dilandasi oleh nilai-nilai kearifan lokal.

Metode Pembelajaran: Ceramah, Diskusi, Tutorial, asesmen melalui UTS dan UAS

Struktur dan Persyaratan Lulusan Program Studi Pendidikan Ekonomi: Jumlah SKS =142.

Dukungan Fasilitas bagi Mahasiswa: Perpustakaan Prodi Pendidikan Ekonomi, Lab Micro Teaching di Fakultas KIP, WiFi, multimedia projector dan penyejuk ruangan (AC).