ProDi Pendidikan Matematika

Profil Program Studi S1 Pendidikan Matematika

Terakreditasi (ProgramAccredited by) BAN -PT No. 106/SK/BAN-PT/Ak-XV/S/IV/2013

Gelar Lulusan (Final Award):  Sarjana Pendidikan (S. Pd)
Ijin Penyelenggaraan:  SK Dirjen Dikti No.105/Dikti/Kep/1984
Ijin Operasional:  SK Dirjen Dikti No.238/Dikti/Kep/1996

Kesetaraan Dalam KKNI (Equivalent Level to Indonesian National Qualification Framework): Level 6 KKNI

Tujuan Program Pendidikan (Educational Aims of The Program):

Tujuan strategis penyelenggaraan pendidikan pada Pendidikan Matematika FKIP Universitas pattimura sebagai berikut.:

  1. Meningkatkan Kuantitas, kualifikasi akademik, kompetensi dosen dan tenaga kependidikan.
  2. Meningkatkan kualitas dan daya saing lulusan.
  3. Meningkatkan ketersediaan fasilitas belajar dan mengoptimalkan pemanfaatannya.
  4. Meningkatkan kuantitas dan kualitas penelitian pendidikan Matematika yang dapat mendukung peningkatan kualitas pembelajaran dan kualitas pendidikan matematika.
  5. Meningkatkan kuantitas dan kualitas pengabdian kepada masyarakat dalam bidang pendidikan dan pembelajaran matematika.
  6. Meningkatkan sistem manajemen dalam rangka efisiensi dan efektifitas penyelenggaraan program studi.

Materi yang dipelajari (Course Content):
Profesi Kependidikan, Manajemen Pendidikan  Perencanaan Pembelajaran Matematika, Penilaian Pembelajaran  Matematika,  Strategi Pembelajaran  Matematika, Matematika sekolah, Kalkulus (Integral dan Diferensial), Analisis, TIK, Aljabar, Statistik, Matematika Bisnis, Matematika terapan, Pemprograman Komputer, dan Penelitian Pendidikan.

Profil Lulusan (Graduate Profile):
Guru Matematika yang Professional, Programmer dan Guru TIK, Edupreneur  Matematika, dan Peneliti Pendidikan.

Capaian Pembelajaran Lulusan:

  • a. Menguasai konsep dan prinsip pedagogic, didaktik matematika untuk mendukung tugas profesionalnya sebagai pendidik matematika
  • b. Menguasai konsep, struktur, materi dan pola pikir keilmuian matematika yang diperlukan untuk mendukung pembelajaran pada satuan pendidikan dasar dan menengah
  • c. Menguasai konsep matematika yang diperlukan untuk studi ke jenjang berikutnya
  • d. Mampu mengaplikasikan konsep, prinsip pedagogi, didaktik matematika serta keilmuan matematika untuk melakukan perencanaan, pengelolaa, implementasi, evaluasi, dengan memanfaatkan IPTEKS yang berorientasi pada kecakapan hidup (life skills).
  • e. Menguasai berbagai software serta mampu mengembangkan website dan program komputasi menggunakan berbagai bahasa program.
  • f. Mampu berwirausaha dalam bidang pendidikan secara umum dan pendidikan matematika secara khusus
  • g. Mampu merancang, melaksanakan penelitian dan mempublikasikan hasilnya sehingga dapat digunakan sebagai alternatif penyelesaian masalah di bidang pendidikan matematika.

Metode Pembelajaran danAsesmen (Learning Method and Assessment):
Metode yang digunakan adalah ekspositori, diskusi kelompok, studi kasus, penugasan, dsb. Model Pembelajaran yang digunakan berpusat pada mahasiswa (student centered learning). Model dimaksud antara lain model penemuan, pembelajaran kolaboratif, pembelajaran berbasis masalah, pembelajaran kontekstual dan mode 4E serta pembelajaran kooperatif dengan berbagai tipenya seperti, STAD, TGT, Jigsaw dll.

Asesmen: Terdapat dua jenis penilaian yang harus digunakan pada setiap matakuliah di program studi pendidikan matematika FKIP Unpatti, yakni penilaian proses dan penilaian hasil. Penilaian proses dilakukan untuk menilai keterlibatan mahasiswa dalam pembelajaran, juga untuk menilai sejauh mana perkembangan dan capaian belajar mahasiswa. Sedangkan penilaian hasil lebih difokuskan untuk menilai sejauh manakah mahasiswa telah mencapai kompetensi yang dirumuskan.
Untuk penilaian proses digunakan berbagai teknik, di antaranya observasi, refleksi mahasiswa (penilaian diri), dan penilaian teman sejawat. Sedangkan untuk penilaian hasil, digunakan berbagai bentuk penilaian seperti tes, portofolio, penugasan, proyek, penilaian kinerja, dsb.

Struktur dan Persyaratan Program (Program Structure and Requirements):
Jumlah sks = 152, terdiri atas 140 SKS wajib dan 12 SKS pilihan. Lama studi mahasiswa 4-7 tahun.

Acuan pengembangan kurikulum: Permenristek Dikti N0. 44 tahun 2015 tentang Standar Pendidikan Tinggi.

Dukungan Fasilitas bagi Mahasiswa (Support for Student):
Di tingkat Program Studi tersedia Laboratorium Komputasi, Perpustakaan. Sedangkan di tingkat Universitas tersedia Laboratorium bahasa, perpustakaan digital, Lab IT, dll.

 Kebijakan dan Prasyarat Admisi (Admissiion Policy, Criteria and Procedure):
Calon mahasiswa direkrut  melalui jalur  SNMPTN , SBMPTN dan tes  Mandiri Unpatti.  Mahasiswa  yang dijaring adalah  lulusan SMA jurusan IPA.