ProDi Pendidikan Sejarah

Profil Program Studi S1 Pendidikan Sejarah
Terakreditasi (Program Accredited by) BAN PT No.    1133/SK/BAN-PT/Akred/S/X/2015

Gelar Lulusan (Final Award):  Sarjana Pendidikan (S. Pd)
Ijin Penyelenggaraan:  SK Dirjen Dikti No: 116/DIKTI/KEP/2007

Kesetaraan Dalam KKNI (Equivalent Level to Indonesian National Qualification Framework): Level 6 KKNI

Tujuan Program Pendidikan (Educational Aims of The Program):
Tujuan PS Pendidikan Sejarah menghasilkan sarjana dan calon guru Pendidikan Sejarah yang kreatif, inovatif dan berdaya saing serta memiliki kemampuan untuk:
1. Menguasai ilmu Pendidikan Sejarah dan terampil dalam melaksanakan proses pembelajaran secara kreatif, inovatif pada anak didik baik di tingkat SMP dan  SMA.
2. Menguasai proses pendidikan yang professional untuk menciptakan sumber daya manusia yang kreatif, inovatif, dan berwawasan kesejarahan, kebudayaan dan kemaritiman serta responsif terhadap setiap peluang dan perkembangan yang terjadi.
3. Memiliki kemampuan meneliti di bidang Pendidikan Sejarah dan ilmu sejarah sesuai dengan perkembangan IPTEKS untuk kepentingan pembelajaran, pembangunan dan pengembangan ilmu sejarah, budaya dan kemaritiman.
4. Memiliki peluang dan kemampuan untuk bekerja dan bersaing diluar bidang pendidikan/keguruan.
5. Menghasilkan kegiatan pendidikan dan penelitian yang dinamis dan berkualitas.

Materi yang dipelajari (Course Content):
Profesi Pendidikan, Studi Kepariwisataan, Studi Kearsipan, Metodologi Penelitian, Perencanaan Pembelajaran sejarah, Evaluasi Pembelajaran Sejarah, Strategi Pembelajaran Sejarah, PTK, Metodologi Penelitian.
Profil Lulusan (Graduate Profile): Guru, Peneliti, Pemandu Wisata, Arsiparis, Kurator.

Kompetensi Lulusan:

  • a. Mendemostrasikan pengetahuan dan pemahaman terhadap konsep bidang pendidikan dan ilmu sejarah.
  • b. Menunjukkan kecakapannya dalam mengoleksi, menilai, mengevaluasi, menganalisis, dan mensintesis informasi ilmiah di bidang pendidikan dan ilmu sejarah dari berbagai sumber.
  • c.  Bekerja secara aman, kompeten, dan efektif pada berbagai kondisi tempat kerja.
  • d. Mendemonstrasikan kemampuan dalam mendesain, melaksanakan, memonitor dan mengevaluasi outcome dari proyek yang dikerjakan dalam kelompok maupun individual.
  • e. Mendemontrasikan kemampuan melaksanakan dan melaporkan penelitian secara mandiri
  • f. Bekerja daam tim
  • g. Menerapkan kemampuan: (1) berkomunikasi secara tertulis, lisan/verval, dan visual, (2) mengelola waktu, (3) merencanakan proyek, (4) analisis numeric dan teknologi informasi

Metode Pembelajaran dan Asesmen (Learning Method and Assessment):
Tutorial, Student Center Learning (SCL), Asesmen melalui UTS, UAS, Portofolio, dsb.

Struktur dan Persyaratan Program (Program Structure and Requirements):
Jumlah sks = 148, Semester 8 s.d. 14, mahasiswa harus full-time, acuan standar isi BNSP tahun 2010

Dukungan Fasilitas bagi Mahasiswa (Support for Student):
ILS (Information and Learning Service), IT, Library, Media, E-Learning, pelatihan bahasa asing di Pusat Bahasa Universitas, Pelatihan IT, bimbingan dan konseling, dsb

Kebijakan dan Prasyarat Admisi (Admissiion Policy, Criteria and Procedure):
Calon mahasiswa melalui jalur SNMPTN PPA Undip harus lulusan SMA jurusan IPS, sedangkan melalui seleksi lainnya dapat dari jurusan IPA/IPS/Bahasa. Seleksi dilakukan berdasarkan hasil tes.