ProDi PPKn

Profil Program Studi Program Pendidikan Kewarganegaraan


Program Studi Program Pendidikan Kewarganegaraan (PPKn)
Izin Program Studi: No.116/Dikti/Kep/2010

Akreditasi: C
Gelar: Sarjana Pendidikan (S1)

Deskripsi: Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan  merupakan salah satu program studi  yang ada di jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Program studi menyelenggarakan pendidikan Kewarganegaraan dengan tujuan menghasilkan lulusan  PPKn yang profesional pada jenjang pendidikan Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas, dan siap mengabdi serta mengembangkan diri di dalam masyarakat laut pulau. Lulusan PPKn juga dibekali dengan  kemampuan jurnalistik dalam rangka  mempersiapkan sumber daya lulusan PPKn menghadapi tantangan pasar kerja.

Visi: Menghasilkan sumber daya pendidik PPKn yang profesional, memiliki integritas tinggi, siap berkompetisi dalam pasar global untuk membangun sumberdaya manusia pada masyarakat laut pulau di tahun 2025.

Misi: Misi Program Studi PPKn adalah berupaya menghasilkan calon-calon guru PPKn yang :

  1. Profesional dalam pengembangan kompetensi pedagogik, profesional, sosial dan kepribadian di sekolah maupun di masyarakat.
  2. Memiliki kemampuan dalam melaksnakan penelitian dibidang pendidikan dan pembelajaran, hukum, sosial dan politik, untuk keperluan pengembangan pendidikan dan pengajaran di sekolah dan pengembangan masyarakat laut pulau
  3. Profesional dalam pengembangan diri dalam bidang kewarganegaraan, sehingga dapat memiliki kompetensi dan kewenangan dibidang politik, hukum, HAM dan sosial.
  4. Dapat menjadi Inspirator dan pendamai dalam kemajemukan masyarakat laut pulau dalam perubahan dibidang politik, hukum, sosial-budaya dan HAM.

Tujuan: Tujuan yang ingin dicapai oleh program studi PPKn yaitu:

  1. Menghasilkan calon guru PPKn yang profesional dalam penguasaan materi PPKn dan memiliki kreatifitas yang tinggi dalam melaksanakan proses pembelajaran pada jenjang pendidikan Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas, dan siap mengabdi serta mengembangkan diri di dalam masyarakat laut pulau.
  2. Menghasilkan calon guru PPKn yang memiliki kemampuan dalam mengamalkan pendidikan kewarganegaraan dalam membangun relasi antar sekolah dengan masyarakat dengan berbagai perbedaan yang ada pada masyarakat laut pulau.
  3. Menghasilkan calon guru PPKn yang mampu mengimplementasikan model-model pembelajaran yang inovatif dan kreatif dalam pengembangan pembelajaran PPKn dalam keragaman siswa pada masyarakat laut pulau.
  4. Menghasilkan sarjana PPKn yang dapat melakukan penelitian dibidang pendidikan dan pengajaran, politik, hukum, sosial dan HAM, untuk kepentingan pendidikan dan pembelajaran, pembangunan dan pengembangan masyarakat, serta pengembangan IPTEK pada masyarakat laut pulau.
  5. Menghasilkan sarjana PPKn yang dapat bekerja diluar bidang keguruan, khususnya dalam bidang politik, hukum, sosial dan HAM.
  6. Menghasilkan sarajana PPKn yang trampil dalam melihat perubahan masyarakat di era globalisasi, dan dapat menjadi pendamai dalam konflik yang terjadi ditengah perubahan masyarakat kepulauan.

Profil Lulusan dan Deskripsinya:

  • Pendidik  bidang Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
  • Pendidik PPKn, Manajer kelas, Fasilitator dalam pengembangan pembelajaran yang kreatif dan inovatif. Menguasai ilmu PKn secara komprehensif, Paham dan mampu menguasai IT yang bermanfaat dalam pengembangan bahan perkuliahan dan pengembangan pengetahuan peserta didik.
  • Pengembang kurikulum bidang Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
  • Pengembang kurikulum dalam skala mikro dalam proses pembelajaran PPKn sesuai dengan tingkat satuan pendidikan, dapat mengembangkan bahan ajar PPKn yang  dapat dimanfaatkan oleh pesert didik dan dapat membantu peserta didik berpikir secara sistematis dan logis.
  • Peneliti bidang PKn
  • Mengkaji masalah PKn dengan metodologi penelitian yang tepat, dan dapat menghasilkan hasil penelitian yang bermanfaat dalam bidang PKn, dan dapat diketahui dan dimanfaatkan oleh masyarakat melalui publikasi yang dilakukan dalam jurnal nasional maupun internasional.
  • Jurnalis di bidang PPKn, Sosial-Budaya, dan Politik.
  • Mengkritisi setiap masalah PPKn, dan mempublikasi dengan bahasa yang komunikatif sehingga dapat menjadi konsumsi publik melalui media cetak, maupun elektronik.
  • Entrepreneur bidang pendidikan PKn
  • Memfasilitasi, membimbing, dan membina pendidik atau komunitas masyarakat  dalam bidang PKn.

Kompetensi Lulusan:
1. Kompetensi Utama:
Menciptakan Sarjana Pendidikan PPKn yang excellent, yang memiliki kompetensi kepribadian, pedagogik, professional, dan sosial, serta mampu mengintegrasikannya dalam wujud perilaku utuh yang sesuai dengan   professional needs, societal needs, dan industrial/business needs.

2. Kompetensi Pendukung:
Menciptakan Sarjana Pendidikan  PPKn yang menguasai teknologi informasi dan bahasa Indonesia serta pergaulan internasional (bahasa Inggris) kemudian cakap dan mampu memanfaatkannya untuk kepentingan penyelenggaraan  pembelajaran PPKn, penelitian dan  pengabdian kepada masyarakat, serta memiliki komitmen yang jelas terhadap etika dan profesi guru.

3. Kompetensi Lainnya:
Menciptakan Sarjana Pendidikan PPKn yang bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, mampu mengamalkan nilai-nilai Pancasila, berwawasan kebangsaan, tangguh dan cakap memanfaatkan kompetensi utama dan kompetensi pendukung yang dimilikinya untuk mampu beradaptasi dan berkompetisi dalam berbagai peluang dan jenis lapangan pekerjaan.