ProDi PWK

Profil Program Studi Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK)

Terakreditasi (Program Accredited by): Belum terakreditasi

Gelar lulusan (Final Award) : Sarjana Teknik (S.T.)

Ijin Penyelenggaraan:  Mandat Dirjen Dikti No. 330/E.E2/DT/2014.

Kesetaraan dalam KKNI (Equivalent Level to Indonesian National Qualification Framework) : Level 6 KKNI

Tujuan Program Pendidikan (Educational Aims to Program): Menyediakan kesempatan bagi masyarakat/mahasiswa untuk belajar mengembangkan pengetahuan, ketrampilan, kepribadian, akhlak dsb.

Materi yang dipelajari (Course Content): Proses Perencanaan,Perencanaan Wilayah, Perencanaan Kota dan Perencanaan Transportasi.

Profil Lulusan (Graduate Profile): Perencana pembangunan wilayah maupun kota .

Kompetensi Lulusan:

  1. Mendemonstrasikan pengetahuan dan pemahaman terhadap konsep bidang ilmu perencanaan wilayah dan kota.
  2. Menunjukan kecakapannya dalam mengoleksi, menilai, mengevaluasi, menganalisis dan mensintesis informasi ilmiah di bidang ilmu perencanaan wilayah dan kota dari berbagai sumber.
  3. Bekerja secara aman ,kompeten dan efektif pada berbagai kondisi tempat kerja.
  4. Mendemonstrasikan kemampuan dalam mendesain,melaksanakan monitor dan mengevaluasi outcome dari proyek yang dikerjakan dalam kelompok maupun individu.
  5. Mendemonstrasikan kemampuan melaksanakan dan melaporkan penelitian secara mandiri.
  6. Bekerja dalam tim.
  7. Menerapkan kemampuan: (1). Berkomunikasi secara tertulis,lisan/verbal dan visual, (2) mengelola waktu, (3) merencanakan proyek, (4) analisis numerik dan teknologi informasi.

Metode Pembelajaran dan Asesmen (Learning Method and Assessment): Tutorial, Student Center Learning (SCL), asesmen melalui UTS, UAS, Portofolio, dsb.

Struktur dan Persyaratan Program (Program Structure and Requirements): Jumlah SKS=144, Semester = 8 s/d 14,mahasiswa harus full time, acuan standar Program studi teknik perencanaan wilayah yang ada di Indonesia yang sudah terakreditasi.

Dukungan Fasilitas Bagi Mahasiswa (Support for Student): tidak ada.

Kebijakan dan Prasyarat Admisi (Admission Policy, Criteria and Procedure): Calon mahasiswa melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, Seleksi Mandiri,  PPA, harus lulusan SMA jurusan IPA, sedangkan melalui seleksi lainnya dapat dari jurusan IPA/IPS/SMK Teknik. Seleksi dilakukan berdasarkan hasil tes.