ProDi S2 Bahasa Jerman

PROFIL PROGRAM STUDI S2 PENDIDIKAN BAHASA JERMAN

Upaya peningkatan sumber daya manusia, baik tenaga pendidik maupun kependidikan yang berkualitas dan profesional dalam era globalisasi, serta perubahan paradigma pendidikan merujuk pada dinamika pertumbuhan pembangunan, maka sektor pendidikan merupakan salah satu pilar pembangunan dalam menyiapkan generasi emas yang dapat berkompetensi pada skala nasional dan internasional. Hal ini mendorong Universitas Pattimura sebagai institusi pendidikan tinggi nasional untuk berperan aktif dalam pembangunan nasional dalam menghasilkan sumberdaya manusia yang berkualitas, mandiri, kuat, terampil, dan ahli dalam bidang pendidikan Bahasa Jerman jenjang Strata-2 (Magister).

Penyiapan masa depan generasi muda Maluku yang terampil, cerdas dan berkarakter, memerlukan sumber daya manusia yang memiliki kualifikasi dan kompetensi dalam bidang-bidang tertentu, termasuk tenaga pendidik dan kependidikan yang handal dan profesional sehingga mampu melakukan temuan – temuan dan pembaharuan dalam bidang pendidikan kebahasaan. Menyediakan sumber daya yang berkualitas tersebut hanya dapat diperoleh melalui pendidikan yang berkualitas pula, baik melalui strata satu, dua maupun strata tiga. Selama ini para lulusan program strata satu harus melanjutkan studi strata dua keluar daerah Maluku, yang tentu merupakan kendala karena membutuhkan biaya yang tinggi. Lagi pula, para tenaga guru yang hendak meningkatkan kemampuan profesi mereka dalam bidang pendidikan bahasa sudah tentu sulit meninggalkan tugas mereka di tempat mereka mengajar dan mengabdi. Akan lebih mudah, jika pendidikan lanjutan tersebut diselenggarakan di tempat yang sama sehingga tenaga guru dapat melanjutkan studi tanpa harus meninggalkan tugas pokok mereka.

Visi:
“Menjadi Program Magister Pendidikan Bahasa Jerman yang unggul, inovatif dan kompetitif serta menjadi pusat penelitian dan pengembangan Pendidikan Bahasa bagi peningkatan profesionalisme pendidik khususnya pendidikan Bahasa Jemran”.

Misi:

  1. Menyelenggarakan Program Magister yang mampu mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan budaya serta penelitian dan pengembangan bidang Pendidikan Bahasa Jerman.
  2. Menyelenggarakan proses pendidikan yang unggul, inovatif dan kompetitif untuk menghasilkan lulusan bermutu dalam bidang keilmuan dan penelitian Pendidikan Bahasa Jerman.
  3. Menghasilkan tenaga ahli, peneliti, pendidik dan tenaga kependidikan yang profesional dalam bidang pengembangan Pendidikan Bahasa Jerman
  4. Menghasilkan pendidik dan tenaga kependidikan yang mempunyai kompetensi-kompetensi profesional baik secara teoretis maupun praktis dalam bidang Pendidikan Bahasa Jerman.

Tujuan Program Studi
Tujuan progaram studi pendidikan Bahasa Jerman Program Pascasarjana Universitas Pattimura diturunkan dari visi dan misi. Tujuan program Studi Pendidikan Bahasa Jerman PPs Universitas Pattimura adalah menghasilkan tenaga Pendidik dan kependidikan yang mempunyai ciri-ciri sabagai berikut:

  1. Berjiwa Pancasila, bersikap terbuka, tanggap baik terhadap perubahan dan kemajuan ilmu dan teknologi, maupun terhadap masalah yang dihadapi oleh masyarakat, khususnya yang berkaitan dengan masalah pendidikan Bahasa Jerman
  2. Mempunyai kemampuan untuk meningkatkan pelayanan profesi melalui penelitian dan pengembangan dibidang pendidikan Bahasa Jerman.
  3. Mempunyai kemampuan untuk berpartisipasi dalam bidang pengembangan keahlian pendidikan Bahasa Jerman.
  4. Memiliki kemampuan untuk mengembangakan kinerja profesi dalam kaitan dengan bidang pendidikan Bahasa Jerman.
  5. Mempunyai kemampuan untuk merumuskan pendekatan penyelesaian berbagai masalah yang berkaitan dengan pelajaran Bahasa Jerman.

Sasaran Program Studi
Sasaran dari program studi pendidikan S2 Bahasa Jerman adalah,

Sasaran dalam bidang pendidikan dan pengajaran

  1. Meningkatkan kualitas staf dosen dengan mengikutsertakan staf dalam kegiatan penataran, pertemuan ilmiah, pemagangan, dan studi lanjut
  2. Meningkatkan kualitas lulusan dan mempercepat masa studi mahasiswa melalui seminar, diskusi, dan matrikulasi , dan pertemuan ilmia
  3. Meningkatkan fasilitas belajar dan mengoptimalkan pemanfaatannya

Sasaran dalam bidang penelitian

  1. Meningkatkan kualitas dosen melalui kegiatan penelitian bidang pendidikan Bahasa Jerman
  2. Mengupayakan kerja sama dengan pemerintah daerah dalam bidang penelitian
  3. Sasaran dalam bidang penggapdian kepada masyarakat
  4. Meningkatkan layanan kepada masyarakat melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk desiminasi hasil – hasil penelitian dosen dan mahasiswa.

Sosialisasi Visi dan Misai Program Studi Dilaskanakan Secara Berkala Kepada Pemangku Kepentingan
Sosialisasi Visi, misi dan tujuan Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman Program Pascasarjana Universitas Pattimura awalnyq dilaksanakan pada rapat dosen. Selanjutnya kegiatan yang sama dilakukan dengan melibatkan seluruh civitas akademika Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman Program Pascasarjana Universitas Pattimura, melalui open talk selama lebih dari satu kali di setiap semester, yaitu di awal semester dan di akhir semester. Kegiatan yang sama juga dilakukan terhadap stakeholder Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman, terutama para guru Bidang Studi Bahasa Jerman, baik di melalui kunjungan langsung ke sekolah-sekolah maupun melalui kegiatan pelatihan, workshop dan pertemuan Musyawarah Guru Mata Pelajaran.

Sosialisasi visi, misi dan tujuan di Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman Program Pascasarjana Universitas Pattimura kepada dosen, tenaga kependidikan, serta mahasiswa (civitas akademika) juga dilakuakan secara visual (Standing Banner) yang dipasang di tempat – tempat yang strategis, seperti ruang kerja pengelola, ruang kerja sekertariat, serta melalui pengumuman yang dipajang pada papan pengumuman mahasiswa. Selain itu upaya memperluas informasi visi dan misis juga dilakukan melalui leaflet dan brosur Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman Program Pascasarjana Universitas Pattimura yang di bagikan kepada para calaon mahasiswa yang ada di beberapa institusi perguruan tinggi negeri maupun swasta di Provinsi Maluku, para pegawai negeri sipil (guru) yang berada pada Dinas Pendidikan dan Olahraga di lingkungan Pemda Propinsi Maluku maupun Kabupaten/Kota.

Surat Izin Penyelengaraan Program Studi: Dirjen Pendidikan Tinggi No. 45/M/KP/III/2015

DATA DOSEN HOME BASE PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA JERMAN

Dosen Tetap Program Studi :

  1. Prof. Dr. J. Tomasouw, M.Pd
  2. Dr. J. E. R. Marantika, M.Pd
  3. Dr. K. Karuna, M.Pd
  4. Dr. I.C. Tamaela, M.Pd
  5. Dr. S. J. Litualy, M.Pd
  6. Dr. W. Akhihary, M.Pd

Dosen Tidak Tetap Program Studi :

  1. Prof. Dr. T. G. Ratumanan, M.Pd
  2. Prof. Dr. R. Kempa, M.Pd
  3. Dr. Th. Franz, M.Pd

TABEL 1. DATA DOSEN TETAP/TIDAK TETAP PROGRAM STUDI

No.

Nama Dosen Tetap

NIDN

Tgl. Lahir

Jabatan Akademik

Gelar Akademik

Pendidikan S1,S2,S3 dan Asal Universitas

Bidang Keahlian untuk setiap jenjang Pendidikan

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

Prof. Dr. J. Tomasouw, M.Pd

0013046103

Ambon,

13-4-1961

Guru Besar,

Dr, M.Pd

S1 Unpatti Ambon

S2 Universitas Negeri Jakarta

S3 Universitas Negeri Jakarta

Pendidikan Bahasa Jerman

Pendidikan Bahasa

Pendidikan Bahasa

Dr. J.E.R .Marantika, M.Pd

0030075803

Banda Neira,

30-7-1958

Pembina TK I / IV b/ Lektor Kepala

Dr, M.Pd

S1 Unpatti Ambon

S2 Universitas Negeri Jakarta

S3 Universitas Negeri Jakarta

Pendidikan Bahasa Jerman

Pendidikan Bahasa

Pendidikan Bahasa

Dr. K. Karuna,M.Pd

0021046215

Luang Timur, 21-4-1962

Pembina / IV a / Lektor Kepala

Dr, M.Pd

S1 Unpatti Ambon

S2 Universitas Negeri Jakarta

S3 Universitas Negeri Jakarta

Pendidikan Bahasa Jerman

Pendidikan Bahasa

Pendidikan Bahasa

Dr. I.C.Tamaela,M.Pd

0012075920

Arnhem,

12-7-1959

Pembina / IV a / Lektor Kepala

Dr, M.Pd

S1 Unpatti Ambon

S2 Universitas Negeri Jakarta

S3 Universitas Negeri Jakarta

Pendidikan Bahasa Jerman

Pendidikan Bahasa

Pendidikan Bahasa

Dr.S.J.Litualy, M.Pd

0012065607

Nuwewang,

12-6-1956

Pembina Utama Muda /Lektor Kepala / IV c

Dr, M. Pd

S1 Unpatti Ambon

S2 Universitas Negeri Jakarta

S3 Universitas Negeri Jakarta

Pendidikan Bahasa Jerman

Pendidikan Bahasa

Pendidikan Bahasa

Dr. W. Akihary, S.Pd.M.Hum

0008096902

Ambon,

8-9-1969

Pembina / IV a/ Lektor Kepala

Dr. M.Hum

S1 IKIP Manado

S2 Universitas Manado

Universitas Negei Malang

Pendidikan Bahasa Jerman Humaniora

Pendidikan Bahasa

Prof. Dr. T. G. Ratumanan, M.Pd

0009105006

Ambon,

Guru Besar

Dr, M.Pd

S1 Unpatti Ambon

S2 Universitas Negeri Surabaya

S3 Universitas Negeri Surabaya

Pendidikan Matematika

Pendidikan Matematika

Pendididkan Matematika

Prof. Dr. R. Kempa, M.Pd

0019075705

Pontianak,

19 Juli 1957

Guru Besar

Dr, M.Pd,

S1 Unpatti Ambon

S2 Universitas Negeri Malang

S3 Universitas Negeri MAlang

Adm. Suvervisi Pendidkan

Manajemen Pendidikan

Manajemen Pndidikan

Dr.Th.Franz. M.Pd

Lektor Kepala

Dr, M.Pd

S1 Unpatti Ambon

S2 Universitas Negeri Malang

S3 Universitas Negeri Malang

Pendidikan Bahasa Indonesia

Pendidikan Bahasa Indonesia

Pendidikan Bahasa Indonesia

KURIKULUM PROGRAM STUDI PENDIDIKAN S2 BAHASA JERMAN

Semester I

No/KODE

Nama Mata Kuliah

SKS

1. PPs 101

Landasan Pendidikan

3

2. PPs 102

Sprachlehrforschung/Metode Penelitian Bahasa

3

3. PB 103

Sprachanalyse/Analisis Bahasa

3

4. PBJ 103

Pragmatik Und Sprachunterricht/ Prakmatik dan Pengajaran Bahasa

3

5. PBJ 106

Wissenschaftliche Schreiben/ Bahasa Jerman Ilmiah (Menulis Ilmiah)

3

Semester II

No/KODE

Nama Mata Kuliah

SKS

1. PB 101

Paradigma Baru Pendidikan Bahasa

3

2. PB 102

Evalaution und Bewertung im deutsche Sprachunterricht/

Evaluasi & Penilaian dalam Pengajaran Bahasa Jerman

3

3. PB 104

Sylabi und Deutschunterrichtsplan / Desain Silabus dan Perancangan

Pengajaran Bahasa Jerman

3

4. PBJ 101

Didaktik und Methodik der Deutsch als Fremdschprachunterricht/

Metodik dan Didaktik Pengajaran Bahasa Jerman DAF

3

5. PBJ 102

Semantik und Deutschsprachunterricht/ Semantik & Pengajaran

Bahasa Jerman

3

6. PBJ 105

Soziolinguistik und Deutschsprachunterricht/ Sosiolinguistik dan

Pengajaran Bahasa Jerman

3

Semester III

No/KODE

Nama Mata Kuliah

SKS

1. PBJ 104

Psikolinguistik dan Pengajaran Bahasa Jerman

3

2. PPs 103

Seminar Proposal Tesis

2

Semester IV

No/KODE

Nama Mata Kuliah

SKS

1. TES

Tesis

6

Jumlah SKS

44

 

Pra-Semester (Matrikulasi)

  1. Filsafat Ilmu

0 SKS

  1. Statistika

0 SKS

KOMPETENSI LULUSAN
Kompetensi kelulusan dari program magister pendidikan Bahasa Jerman yang tercakup di dalam kurikulum Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Jerman adalah:

  1. Memahami konsep dan prinsip pendidikan Bahasa Jerman baik sebagai proses maupun sebagai substansi untuk penyelenggaraan sistem pendidikan di berbagai satuan pendidikan, baik pendidikan formal , Non- formal, maupun informal.
  2. Mampu berperilaku positif terhadap lembaga di mana dia bekerja dengan senantiasa mengupayakan kinerja yang efektif dan efisien, mengembangkan hubungan kesejawatan yang konstruktif dalam dan luar lingkungan kerja
  3. Bersikap terbuka, kritis dan selektif terhadap pembaharuan pendidikan dan berupaya mengaktualisasikannya baik sebagai inisiator maupun sebagai praktisi.
  4. Memiliki kemampuan untuk bertangungjawab secara formal dan secara moral atas pelaksanaan fungsi, tugas, dan kewajibannya.
  5. Mampu melaksanakan fungsi-fungsi pendidikan Bahasa Jerman dan mampu untuk;
  • Melihat dengan jelas tujuan dan kebutuhan lembaga, menyusun program dan strategi pencapaiannya.
  • Mengendalikan pelaksanaan program kerja secara efisien dan efektif
  • Mengarahkan, mendorong dan membina personal dalam rangka pelaksanaan program kerja
  • Menciptakan iklim dan atau suasana kerja yang kondusif demi keefektifan lembaga dan menerapkan kepemimpinan yang efektif dan relevan
  • Melakukan evaluasi dan kontrol terhadap keefektifan dan pelaksanaan program kerja
  • Mampu melaksanakan proses belajar mengajar dalam bidang pendidikan Bahasa Jerman, baik pada latar perkuliahan maupun penataran/latihan.