ProDi S2 Ilmu Ekonomi

Profil Program Studi S2 Ilmu Ekonomi Program Pasca Sarjana Universitas Pattimura

  • IZIN PENYELENGGARAAN No. 1107/D/T/2007
  • IZIN PERPANJANGAN No. 283/D/T/K-N/2010
  • TERAKREDITASI NILAI “B” –  SK BAN-PT No. 012/SK/BAN-PT/Ak-X/M/I/2013

Program Magister Sains, Program Studi Ilmu Ekonomi, Pascasarjana Universitas Pattimura berdiri dan mulai beraktifitas pada Tahun 2007 berdasarkan Surat Izin Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Depdiknas No : 1107/D/T/2007 Tanggal 11 Mei 2007, dan telah diperpanjang dengan No: 2823/D/T/K-N/2010 tanggal 5 Mei 2010 serta telah terakreditasi oleh BAN-PT NO 012/SK/BAN-PT/Ak-X/M/I/2013 dengan Nilai ”B”. Jumlah tenaga pengajar yang dimiliki adalah sebanyak 25 orang terdiri dari 16 staf pengajar tetap dan 9 pengajar tidak tetap, dengan kualifikasi Doktor sebanyak 22  orang, serta  3 orang Guru Besar. Saat Ini Program Studi Ilmu Ekonomi Memiliki 2 (dua) Bidang Kajian Utama (BKU), Yakni : BKU Ekonomi Perencanaan Dan Pembangunan Dan BKU Akuntansi

VISI dan MISI

VISI :

“ Menjadi Penyelenggara Pendidikan Magister yang Berkualifikasi Andal, Kompetitif, dan Unggul di bidang Ilmu Ekonomi Pembangunan dan Bisnis yang Berbasis Kepulauan “.

MISI :

Dalam  upaya pencapaian  Visi, maka Misi yang diemban adalah :

  1. Pencipataan suasana kampus yang nyaman dengan fasilitas pendidikan yang representatif dan memadai untuk mendukung kelancaran proses belajar mengajar secara efektif dan profesional.
  2. Penguatan kelembagaan Program Studi secara optimal melalui pembenahan manajemen organisasi serta penguatan kapasitas SDM.
  3. Peningkatan kualitas proses belajar mengajar melalui metode pembelajaran yang efektif berbasis kajian dan riset ilmiah, serta pengembangan kurikulum yang sesuai dan responsif.

PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN

Pendidikan pada Program Studi Ilmu Ekonomi, Pascasarjana Universitas Pattimura diselenggarakan atas dasar Sistem Kredit Semester, yang meliputi mata kuliah umum, mata kuliah kemagisteran, Seminar Usulan Penelitian dan Penyusunan Tesis. Total SKS yang harus diselesaikan adalah 46 SKS termasuk Tesis, dengan batas waktu studi maksimum 8 semester.

KURIKULUM DAN STAF PENGAJAR

Kurikulum perkuliahan terdiri dari kurikulum prapascasarjana (matrikulasi) dan kurikulum pascasarjana. Kurikulum matrikulasi merupakan paket beberapa mata kuliah yang bersifat non-kredit (0 SKS) untuk menjembatani program sarjana dan program magister. Pada akhir matrikulasi dilakukan ujian akhir untuk mengevaluasi prestasi belajar, dan diberikan sertifikat.

Sedangkan kurikulum pascasarjana terdiri dari seperangkat Mata Kuliah dengan jumlah kredit sebanyak 46 SKS. Berikut ini Kurikulum dan mata kuliah yang diperoleh :

KURIKULUM

 Mata Kuliah untuk Matrikulasi :

  1. Filsafat Ilmu
  2. Pengantar Ilmu Ekonomi (Mikro dan Makro)
  3. Bahasa Inggris
  4. Sejarah Pemikiran Ekonomi

Mata Kuliah Dasar Program Studi Ilmu Ekonomi

No Mata Kuliah SKS Sem.
1. Teori Ekonomi Makro Madya 3 I
2. Teori Ekonomi Mikro Madya 3 I
3. Matematika Ekonomi 3 I
4. Metodologi Penelitian 3 I
5. Metode Kuantitatif dan Kualitatif 3 II

Mata Kuliah Kemagisteran Minat Pembangunan dan Perencanaan

No Mata Kuliah SKS Sem.
1. Perekonomian Indonesia 3 II
2. Ekonomi Internasional 3 III
3. Ekonomi Pembangunan Kepulauan 3 II
4. Ekonomi SDA dan Lingkungan Kepulauan 3 II
5. Perencanaan Pembangunan  Wilayah Kepulauan 3 II
6. Seminar  Proposal 1 IV
7. Thesis 6 IV

 Mata Kuliah Pilihan/Lain-lain

No Mata Kuliah SKS Sem.
1. Ekonomi Maritim 3 III
2. Ekonomi Publik 3 III
3. Perencanaan Ekonomi SDM 3 III
4. Seminar Ekonomi Pembangunan 3 III
5. Ekonomi Transportasi Kepulauan 3 III

Mata Kuliah Kemagisteran Minat Akuntansi

No Mata Kuliah SKS Sem
1. Teori Akuntansi 3 II
2. Akuntansi Keperilakuan 3 II
3. Manajemen Strategik 3 II
4. SPM Sektor Publik 3 II
5. Sistim Akuntansi Sektor Publik 3 II
6. Seminar Proposal 1 IV
7. Thesis 6 IV

Mata Kuliah Pilihan

No Mata Kuliah SKS Sem
1 Pengukuran Kinerja pemerintah 3 III
2 Manajemen Keuangan Daerah 3 III
3 Audit Sector Public 3 III
4 Perencanaan dan Penganggaran  SP 3 III
5. Perpajakan 3 III
6. Analisis Laporan Keuangan 3 III
7. Audit Internal 3 III
8. Audit Investasi Dan Portofolio 3 III
9. Manajemen Keuangan 3 III
10. Sistem Akuntansi 3 III

 Staf Pengajar Tetap:

  1. Dr. Muhammad Bugis, SE., M.Si.
  2. Prof. Dr. Askam Tuasikal, SE., M.Si., Ak
  3. Dr. Erly. Leiwakabessy, M.Si
  4. Dr. Fahruddin Ramly, M.Si
  5. Dr. D. Rumerung, M.S
  6. Dr. Stellamaris Metekohy, SE., M.Si
  7. Dr. M. K. Tupamahu, M.Si
  8. Dr. H. Muspida, M.Si
  9. Dr. Teddy. Ch.Leasiwal, SE.,M.Si
  10. Dr. I. T. Mattitaputy, SE., M.Si
  11. Dr. Djufri R. Pattilouw, SE., M.Si
  12. Dr. Maryam sangadji, SE,ME
  13. Dr. Ch. Sososoetiksno, SE., M.Si., Akt., CA
  14. Dr. J. Lekatompessy, SE., M.Si., Akt., CA
  15. Dr. J. Gasperz, SE., M.Si., Akt., CA
  16. Dr. P. Usmany, SE, M.Si, Akt

Staf Pengajar Tidak Tetap:

  1. Prof. Dr. Th. Pentury, M.Si
  2. Prof. W. I. M. Poli, Ph.D (UNHAS)
  3. Dr. Hj. Asmaria Latuconsina, SU
  4. Dr. Dj.Salampessy, SP,M.Si (PEMDA PROMAL)
  5. Anis Chariri, SE.,M.Com.,Ph.D (UNDIP)
  6. Dr. Marthin Ndoen, MA (SATYAWACANA)
  7. Dr. Dwi Harianti, SE., MM., Akt., CA
  8. Dr. S. J. Hehanussa, SE., M.Si

PERSYARATAN PENDAFTARAN

Pendaftaran Mahasiswa Pascasarjana Baru akan dimulai pada bulan April  s/d bulan Mei 2017. Tempat pendaftaran: Sekretariat Program Pascasarjana Universitas Pattimura. d/a. Jl. Dr. Latumeten, (Kampus PGSD) Tlp. (0911) 311803 – Ambon,  Email : pasca@mail.unpatti.ac.id

Pembayaran disetor melalui Rekening Nomor 7787799889 PT BANK NEGARA INDONESIA (PERSERO) tbk Cab. Ambon. Nama Rekening RPL. 061 Unpatti untuk Penerimaan Pihak III, dengan melampirkan Persyaratan sebagai berikut:

Lulusan Pendidikan Sarjana Ekonomi atau lulusan sarjana pada disiplin ilmu lainnya yang relevan.

  • Memiliki IPK minimal 2.75.
  • Lulus seleksi masuk yang dilaksanakan oleh Program Pascasarjana Universitas Pattimura.
  • Mendapatkan rekomendasi akademik dari 2 orang Guru Besar atau yang memiliki kompetensi.
  • Bagi yang bekerja, diwajibkan membawa izin tertulis dari instansi tempat bekerja.
  • Surat keterangan tentang sumber pembiayaan Studi selama mngikuti Program Magister.          `
  • Penerimaan mahasiswa dilakukan berdasarkan kelengkapan administrasi dan seleksi Akademik.
  • Surat keterangan tentang sumber pembiayaan studi, termasuk biaya penelitian selama mengikuti Program Magister.
  • Persyaratan lain dapat diketahui pada saat pendaftaran.
  • Transkrip dan ijazah harus dilegalisir oleh Perguruan Tinggi asal, bagi ijazah luar negeri harus sudah   memperoleh penyesuaian dari DIKTI.