ProDi S2 Manajemen

PROFIL PROGRAM STUDI S2 MANAJEMEN

Visi Program Studi Manajemen
Visi Program Studi Manajemen yaitu Menjadi program studi yang berdaya saing dan berkualitas dalam mengembangkan sumberdaya manusia yang berkarakter entrepreneurship serta berbasis kepulauan.

Misi Program Studi Manajemen
Msi dari program studi Manajemen Pascasarjana Universitas Pattimura adalah:

  1. Menyelengarakan pendidikan tinggi yang berkualitas untuk menghasilkan sumber daya manusia yang memiliki kemampuan akademik dan atau profesional, berjiwa entrepreneur dan mandiri.
  2. Menyelengarakan pendidikan dan pengajaran yang terintegrasi serta difokuskan guna pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi strategik dibidang ilmu Manajemen yang berbasis kepulauan.
  3. Melakukan kajian-kajian ilmiah yang berdaya analisis tinggi guna mengembangkan ilmu pengetahuan serta memecahkan persoalan-persoalan manajemen organisasi bisnis yang difokuskan mengeksplorasi potensi sumberdaya-sumberdaya yang ada/dimiliki oleh pulau-pulau kecil guna meningkatkan nilai tambah ekonomi.
  4. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat, secara khusus diarahkan untuk mengaplikasikan ilmu manajemen khususnya dalam bidang bisnis di wilayah kepulauan atau yang berbasis gugus pulau, guna mengerakan ekonomi dan bisnis masyarakat yang berbasis pada nilai budaya, kearifan lokal wilayah kepulauan.

Tujuan Program Studi Manajemen Program Pascasarjana Universitas Pattimura adalah menghasilkan Magister Manajemen yang memiliki kemampuan akademik, menguasai teknologi informasi, daya analisis tinggi, berjiwa entrepreneur, terampil dan profesional serta menjadikan program studi Manajemen memiliki keunggulan kompetitif yang berkelanjutan yang berbasis ekonomi kepulauan dalam menjawab kebutuhan dinamisasi ekonomi khususnya dibidang manajemen baik di tingkat daerah, nasional maupun global.

Program Studi Manajemen Program Pascasarjana Universitas Pattimura dirancang untuk mempersiapkan lulusannya agar mampu mengembangkan kompetensi intelektual (pengetahuan dan keterampilan) serta kompetensi sosial (sikap dan karakter) untuk menjadi pribadi yang penuh integritas dengan aras kesesuain yang tinggi terhadap kebutuhan berbagai pemangku kepentingan (stakeholders) dalam hal knowledge society dan economy. Melalui pengalaman pembelajaran yang diperoleh, lulusan akan memperoleh aktualisasi pribadi yang sesuai dengan potensinya dan mampu melakukan pembelajaran sepanjang hayat (long-life learning).

Dengan berdirinya Program Pascasarjana (S2) Manajemen, Universitas Pattimura akan lebih dapat mengembangkan tugas dan fungsinya dalam menyiapkan sumberdaya manusia yang handal serta siap berkompetensi di era otonomisasi dan globalisasi. Sangat disadari bahwa Program Pascasarjana (S2) Universitas Pattimura Program Studi Manajemen akan sangat signifikan dengan berbagai kebutuhan pasar kerja terutama di Provinsi Maluku.

Kurikulum
Komposisi Mata Kuliah Program Studi Manajemen Program Pascasarjana Universitas Pattimura yang disajikan pada setiap semester berupa mata kuliah pra atau matrikulasi, mata kuliah dasar manajemen, mata kuliah minat manajemen strategi, minat manajemen pemasaran, minat manajemen SDM, minat manajemen keuangan, minat manajemen operasional, mata kuliah pilihan wajib dan mata kuliah terkait penelitian. Kurikulum Program Studi Manajemen Program Pascasarjana Universitas Pattimura dirancang sistematis untuk membantu pengembangan diri mahasiswa terkait dengan pengembangan ilmu manajemen serta pengambilan keputusan. Kurikulum dievaluasi setiap dua tahun sekali untuk menyesuaikan dengan tantangan perubahan lingkungan dan perkembangan ilmu pengetahuan. Kurikulum ini dirancang fleksibel sesuai dengan minat dan kebutuhan mahasiswa.

Materi pembelajaran, baik kedalam, keluasan maupun bobot mata kuliah setara dengan universitas-universitas besar di Indonesia. Materi yang diberikan mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan. Program Studi Manajemen Program Pascasarjana Universitas Pattimura membekali mahasiswa untuk lebih kritis dalam mengevaluasi dan memahami berbagai hasil penelitian.

Masa studi diharapkan dapat diselesaikan dalam waktu 2 tahun. Struktur kurikulum dan proses belajar mengajar di Program Studi Manajemen Program Pascasarjana Universitas Pattimura diharapkan dapat memberikan kepuasan bagi mahasiswa. Penerapan sistem belajar mandiri, metode pembelajaran partispatif, rancangan kurikulum yang optimal serta pembahasan materi pembelajaran yang mendalam dan luas, terkini diharapkan dapat menghasilkan kompetensi manajerial yang unggul dan mandiri.

Perlu memperhatikan perubahan dinamika karir di bidang manajemen dan ekspetasi kerja. Langkah yang dapat diambil :

  • Lakukan workshop secara rutin untuk pengembangan kurikulum yang berorientasi pada stakeholder.
  • Laksanakan penelitian yang berkaitan dengan perkembangan ilmu ekonomi baik makro maupun mikro serta dalam dunia bisnis dan manajemen.
  • Lakukan benchmarking kurikulum melalui kemitraan dengan universitas lain.
    Prioritaskan penerimaan dosen yang memiliki kompetensi bidang manajemen operasional
  • Buat rumusan pertanyaan bahwa kurikulum Program Studi Magister Manajemen Pascasarjana Universitas Pattimura mampu menjawab kebutuhan stakeholder
  • Buat program pengembangan pelatihan penunjang potensi akademik.

Kualifikasi kompetensi keluaran yang diharapkan
Kualifikasi kompetensi utama keluaran Program Studi Manajemen pada Program Pascasarjana Universitas Pattimura adalah:

  1. Berjiwa Pancasila dan memiliki integritas ilmiah;
  2. Bersikap terbuka, tanggap terhadap perkembangan ilmu manajemen dan bisnis, serta permasalahan ekonomi yang dihadapi masyarakat;
  3. Menghasilkan lulusan Magister yang memiliki semangat ilmiah yang tinggi, kepribadian yang mandiri dan mampu mengembangkan keilmuannya, menguasai teknologi dan kemampuan yang cukup untuk digunakan sebagai bekal melanjutkan studi pada jenjang yang lebih tinggi.
  4. Menghasilkan lulusan magister yang mampu mengembangkan bidang keahlian manajemen dan bisnis (manajemen strategic, manajemen pemasaran, manajemen sumber daya manusia, manajemen keuangan, dan manajemen operasional).
  5. Cakap dalam melaksanakan penelitian pada bidangnya dan mampu menciptakan efektifitas yang tinggi dalam melakukan analisis keputusan untuk memperoleh suatu temuan yang bernilai tinggi untuk sesame ilmuwan manajemen dan masyarakat pengguna.

Kualifikasi kompetensi pendukung keluaran Program Studi Magister Manajemen pada Program Pascasarjana Universitas Pattimura adalah:

  • Memiliki norma, etika profesi, kejujuran, kedisiplinan, daya kritis, kepercayaan diri, kemandirian, kematangan emosi, sikap kooperatif, dapat dipercaya, dan empatik, serta mempunyai etos kerja yang tinggi dan melaksanakan usaha terbaiknya dalam setiap kegiatan.
  • Lulusan mempunyai pengetahuan, kemampuan dan kebiasaan dalam menggunakan teknologi informasi untuk mendukung kegiatannya secara lebih produktif dan inovatif dalam rangka beradaptasi terhadap kebutuhan global dengan kemajuan teknologi yang terus berkembang.
  • Memiliki kemampuan ber Bahasa Inggris yang baik sebagai pendukung daya saing dalam menginisiasi dan pengembangan karir (sebagai intrapreneurs), dan dalam menginisiasi kegiatan bisnis sendiri (entrepreneurs) dalam konteks global.

Dengan kompetensi lulusan Program Studi Manajemen Program Pascasarjana Universitas Pattimura yang disampaikan di atas, maka selain dapat melakukan studi lanjut ke jenjang yang lebih tinggi, lulusan memiliki peluang untuk bekerja dalam dunia bisnis dengan garis besarnya sesuai dengan tabel di bawah ini.

No

Peluang Karier

Keterangan

1

Manajer / Supervisor

Merancang & mengembangkan strategi dan kegiatan Pemasaran, Keuangan, Sumber Daya Manusia, dan Strategi di suatu perusahaan.

2

Konsultan Manajemen / Bisnis

Pendampingan & konsultasi terhadap kegiatan manajerial/bisnis di suatu perusahaan.

3

Manajer Proyek

Menyusun dan menjalankan suatu proyek.

4

Instruktur Program Pelatihan dan Motivator Bisnis

Menyusun, mengembangkan, dan menjalankan program pelatihan dibidang manajemen.

5

Entrepreneur

Merancang & mengembangkan usaha secara mandiri.

Kurikulum Program Studi Manajemen Program Pascasarjana Unpatti terstruktur dalam lima kelompok dengan bobot distribusi yang berbeda. Lima kelompok tersebut adalah :

  1. Perkuliahan: (a). Matakuliah wajib program studi yang terdiri dari 9 matakuliah, total beban studi 24 sks. (b) Matakuliah minat kekhususan yang terdiri dari 3 matakuliah, total beban studi 8 sks. (c). Matakuliah pilihan wajib yang terdiri dari 2 matakuliah, total beban studi 2 sks
  2. Proposal thesis, beban studi 5 sks
  3. Penelitian dan penulisan thesis, beban studi 18 sks
  4. Seminar, beban studi 5 sks
  5. Karya ilmiah, beban studi 10 sks

Jabaran Kurikulum Program Studi Manajemen
Kurikulum Program Studi Manajemen yang dialokasikan menurut semester disajikan pada Tabel 2.1.

Tabel 2.1 Kurikulum Program Studi Manajemen

  1. Mata Kuliah Wajib Program Studi

No

Kode

Mata Kuliah

SKS

Smt

1

EKM6101

Metode Kuantitatif untuk Manajemen

3

I

2

EKM6102

Ekonomi Manajerial

3

I

3

EKM6103

Leadership & Entrepreneurship

3

I

4

EKM6104

Manajemen Strategik

3

I

5

EKM6105

Manajemen Pemasaran Strategik

3

I

6

EKM6201

Manajemen Keuangan Strategik

3

II

7

EKM6202

Manajemen Sumberdaya Manusia Strategik

3

II

8

EKM6203

Manajemen Operasional Strategik

3

II

24

  1. Mata Kuliah Minat

  1. Manajemen Strategik

No

Kode

Mata Kuliah

SKS

Smt

1

EKM6204

Manajemen Global

3

II

2

EKM6301

Riset Manajemen Strategik & Entreprenuership

2

III

3

EKM6205

Flexibility Management

3

II

8

  1. Manajemen Pemasaran

No

Kode

Mata Kuliah

SKS

Smt

1

EKM6206

Perilaku Konsumen

3

II

2

EKM6302

Riset Pemasaran

2

III

3

EKM6207

Global Marketing

3

II

8

  1. Manajemen Sumberdaya Manusia

No

Kode

Mata Kuliah

SKS

Smt

1

EKM6208

Perencanaan Sumberdaya Manusia

3

II

2

EKM6209

Perilaku Organisasi

2

II

3

EKM6303

Riset Sumberdaya Manusia & Behavior

3

III

8

  1. Manajemen Keuangan

No

Kode

Mata Kuliah

SKS

Smt

1

EKM6210

Manajemen Keuangan Internasional

3

II

2

EKM6304

Riset Keuangan

2

III

3

EKM6211

Manajemen Investasi

3

II

8

  1. Manajemen Operasional

No

Kode

Mata Kuliah

SKS

Smt

1

EKM6212

International Operation Management

3

II

2

EKM6305

Riset Manajemen Operasional

2

III

3

EKM6213

Total Quality Management

3

II

8

3. Mata Kuliah Pilihan Wajib

a. Manajemen Strategik

No

Kode

Mata Kuliah

SKS

Smt

1

EKM6306

Manajemen Perubahan

2

III

2

EKM6307

Manajemen Bisnis Internasional

2

III

2

b. Manajemen Pemasaran

No

Kode

Mata Kuliah

SKS

Smt

1

EKM6308

Manajemen Ritel

2

III

2

EKM6309

Manajemen Pemasaran Jasa

2

III

2

c. Manajemen Sumberdaya Manusia

No

Kode

Mata Kuliah

SKS

Smt

1

EKM6310

Hubungan Industrial

2

III

2

EKM6311

Manajemen Inovasi Organisasi

2

III

2

d. Manajemen Keuangan

No

Kode

Mata Kuliah

SKS

Smt

1

EKM6312

Manajemen Audit

2

III

2

EKM6313

Intermediate Financial Management

2

III

2

e. Manajemen Operasional

No

Kode

Mata Kuliah

SKS

Smt

1

EKM6314

Supply Chain Management

2

III

2

EKM6315

Manajemen Persediaan

2

III

2

4. Kegiatan Penelitian

No

Kode

Mata Kuliah

SKS

Smt

1

EKM6316

Proposal Thesis

5

III/IV

2

EKM6317

Seminar Thesis

5

III/IV

10

4. Kegiatan Akhir

No

Kode

Mata Kuliah

SKS

Smt

1

EKM6401

Penelitian dan Penulisan Thesis

18

IV

2

EKM6402

Karya Ilmiah

10

IV

28

Sistem Pembelajaran
Sesuai dengan tujuan Program Studi Manajemen Program Pascasarjana Universitas Pattimura, yaitu untuk menciptakan Program Studi manajemen yang memiliki kompetensi dan integritas keilmiahan yang tinggi untuk dapat mengembangkan apresiasi pemikiran, melakukan inovasi dan transformasi Ilmu manajemeni yang dinamis dan terstruktur, Program Studi Manajemen Program Pascasarjana Universitas Pattimura menyelenggarakan proses belajar mengajar lewat beberapa metode yang terbaik diantaranya melalui tatap muka, diskusi interaktif dengan dosen dan antar mahasiswa, melakukan seminar, membuat paper dan mempresentasikannya, melakukan review terhadap buku dan artikel, serta melakukan penelitian dalam suasana kondusif untuk belajar. Fungsi dosen dalam hal ini lebih sebagai fasilitator dan mediator dalam memberikan kejelasan terhadap materi yang dibahas, memotivasi mahasiswa untuk mengembangkan diri dan mencari bahan dan materi yang lebih mendalam. Para mahasiswa dibentuk untuk menjadi pembelajar mandiri (
self-learner), melalui pengembangan kemampuan belajar mandiri.

Proses pembelajaran di Program Studi Manajemen program Pascasarjana Universitas Pattimura diarahkan untuk mengkombinasikan kemampuan akademik dengan pendalaman teoritis dan kemampuan analisis praktis dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Seluruh kegiatan belajar mahasiswa dipantau oleh pengelola dengan menggunakan metode-metode evaluasi yang telah terstruktur dan standar. Dimulai dari proses rekrutmen mahasiswa hingga kelulusannya, pengelola terus memantau secara konsisten dan berrkala sehingga pengelola mempunyai data yang akurat tentang peningkatan kapasitas akademik dari mahasiswa. Proses evaluasi belajar mahasiswa di dalam kelas dilakukan oleh dosen sedangkan evaluasi kemajuan belajar mahasiswa secara umum dilakukan oleh Program Studi Manajemen. Instrumen dan nilai mahasiswa Program Studi Manajemen Program Pascasarjana Universitas Pattimura mengikuti aturan dan standarisasi yang telah dibuat oleh Pascasarjana.

Sebagai salah satu instrument evaluasi, pada akhir masa kuliah mahasiswa dituntut untuk dapat mengaplikasikan mata-mata kuliah yang telah didapatkannya di dalam dunia nyata dengan membuat tesis. Untuk membantu pembuatan tesis pengelola Program Studi Manajemen Program Pascasarjana Universitas Pattimura memberikan pembimbingan yang dilakukan oleh staf akademik yang ditunjuk oleh pengelola. Pembimbingan tesis ini dilakukan untuk menjaga kualitas penelitian yang nantinya akan dipertanggungjawabkan di depan sidang, dalam rangka menjaga hal tersebut, dosen pembimbing mendorong mahasiswa untuk dapat menyelesaikan tugas akhir.

Untuk mencapai proses pembelajaran yang diharapkan, Program Studi Manajemen Program Pascasarjana Universitas Pattimura direncanakan melakukan kerjasama dengan isntansi dan perusahaan yang dapat dijadikan mitra dalam pengembangan studi kasus dan metode pembelajaran. Mahasiswa tidak hanya dituntut dalam kapasitas teoritik tetapi juga dalam kemampuan menganalisa peristiwa-peristiwa sebenarnya dalam dunia nyata sehingga tujuan Program Studi Manajemen Program Pascasarjana Universitas Pattimura yang ingin menjadikan lulusan Program Studi manajemen yang professional di bidangnya dapat terwujud. Selain itu dengan studi kasus yang actual dan bersifat local content, mahasiswa bisa dengan mudah menyesuaikan secara personal karena kasus tersebut juga dapat mungkin dialaminya sendiri dan aplikasi dari studi kasus itu dapat langsung dilihat.

Dengan adanya kerjasama dengan instansi dan perusahaan dari luar, Program Studi Manajemen Program Pascasarjana Universitas Pattimura juga mendapatkan manfaat dengan menjadikan Program Studi Manajemen yang ada dalam universitasnya, instansi atau perusahaan untuk memberikan masukan kepada mahasiswa sebagai dosen tamu. Sekaligus menjadi dosen pembimbing tambahan dalam karya inovatif sebagai alternative dari penulisan tesis. Karya inovatif ini menjadi alternativ pilihan evaluasi penilaian akhir mahasiswa yang lebih penulisan tesis yang bersifat teoritis dan praktis.

Program Studi Manajemen Program Pascasarjana Universitas Pattimura berusaha memfasilitasi interaksi antar mahasiswa dengan staf pengajar baik di dalam kelas maupun di luar kelas. Mahasiswa dengan mudah dapat berkonsultasi dan bertanya kepada dosen mereka, sehingga suasana akademik betul-betul dapat terlaksana dengan baik tanpa harus merasa canggung dan kikuk. Mahasiswa bebas menyampaikan ide-idenya dan dosen akan memperhatikan dan member petunjuk bila ada yang perlu diperbaiki. Hal ini terus berusaha untuik dilaksanakan secara seksama dan konsisten.

Pada Program Studi Manajemen Universitas Pattimura, seminar penelitian tesis dijadualkan berlangsung dalam tiga tahapan, yakni: (1) tahapan seminar usulan penelitian; (2) seminar hasil penelitian, dan (3) ujian tetutup (Komprehensif). Pada tahap seminar ususlan penelitian, dipersyratkan kehadiran minimal 5 orang mahasiswa agar seminar proposal dapat terselenggara. Demikian dengan kehadiran dosen penilai baik pembimbing maupun penguji, dipersyaratkan kehadiran minimal 4 dosen agar seminar proposal dapat terlaksana.

Sumber Daya Manusia
Sumber daya dosen yang akan mendukung penyelenggaraan Program Magister (S2) Program Studi Manajemen Program Program Pascasarjana Universitas Pattimura terdiri dari:

  1. Dosen Tetap dengan kualifikasi Guru Besar dan Doktor, dengan Home base pada Fakultas Ekonomi Universitas Pattimura;
  2. Dosen luar biasa dengan kualifikasi Guru Besar dan Doktor, yang berasal dari fakultas lain dalam lingkungan Universitas Pattimura dan Universitas lain, yang memiliki disiplin ilmu serta keahlian khusus yang sesuai dengan kebutuhan.

Tenaga dosen, baik dosen tetap maupun dosen luar biasa diberikan tugas membina/mengasuh mata kuliah yang sesuai dengan spesifikasi ilmu yang dikuasainya. Selain itu, tenaga dosen juga diberikan tanggungjawab untuk membimbing mahasiswa dalam penulisan tesis sesuai dengan spesifikasi bidang ilmu yang dikuasainya. Dengan demikian, tugas dan tanggungjawab yang diembankan dosen tidak akan menyimpang dari keahlian dosen yang bersangkutan. Dengan cara demikian maka pemberian tugas yang tidak sesuai dengan kewenangan ataupun keahlian dosen tidak akan terjadi.

Tenaga dosen pengajar yang akan memberikan kuliah pada Program Pascasarjana (S2) Program Studi Manajemen Universitas Pattimura, yang dikelompokkan sebagai dosen tetap dan dosen luar biasa yang sudah menyatakan bersedia mengajar.

Sarana dan Prasarana
Untuk menunjang berlangsungnya proses penyelenggaraan Program Studi Manajemen Program Pascasarjana Universitas Pattimura, tersedia berbagai fasilitas penunjang berupa sarana dan prasarana sebagai berikut:

Kampus
Penyelenggaraan Program Pascasarjana dilakukan pada kampus yang terletak di Jalan dr. Latumeten Ambon, yang terdiri dari beberapa bangunan kantor, ruang kuliah serta bangunan lainnya.

Ruang Kuliah
Proses belajar mengajar dilakukan pada beberapa ruang kuliah. Sesuai dengan estimasi jumlah mahasiswa, tersedia 4 (empat) ruang kuliah eksklusif berkapasitas 40 orang mahasiswa dengan ukuran masing-masing 6 x 8 m2, 1 (satu) ruang kuliah umum berukuran 18 x 10 m2, 1 (satu ruang kuliah besar berukuran 10 x 8 m2, serta 1 (satu) ruang kuliah kecil berukuran 5 x 3 m2.

Ruang Dosen
Untuk kelancaran penyelenggaraan perkuliahan, tersedia 2 (dua) ruang dosen yang representatif untuk Program Studi Manajemen Program Pascasarjana Universitas Pattimura, dengan ukuran masing-masing 8 x 8 m2.

Ruang Perpustakaan
Di Universitas Pattumura tersedia perpustakaan yang berisikan koleksi khusus pascasarjana pada kampus di Jalan dr. Latumeten. Selain itu, terdapat dua perpustakaan yang representatif, yakni pada Fakultas Ekonomi dan perpustakaan pusat universitas yang terletak di kampus Poka.

Ruang Kantor
Untuk menunjang kelancaran kegiatan administrasi akademik bagi mahasiswa Program Studi Manajemen Program Pascasarjana Universitas Pattimura, maka disedikana ruang kantor untuk ketua dan sekretaris program studi, serta ruangan tenaga kependidikan dan pelayanan administrasi akademik.

Ruang Penunjang
Selain ruang-ruang tersebut, tersedia juga ruangan-ruangan penunjang lainnya, seperti:

  • Ruang Rapat dan Seminar
  • Ruang Diskusi
  • Ruang Tunggu/Ruang Tamu
  • Aula
  • Kamar Mandi/WC
  • Ruang penunjang lainnya

Sarana Penunjang Perkuliahan
Untuk mendukung proses perkuliahan, setiap ruangan kuliah dilengkapi dengan:

  • 40 (empat puluh) buah kursi kuliah
  • 1 (satu) set infocus
  • 1 (sartu) buah whiteboard
  • AC/pendingin ruangan
  • Perlengkapan kuliah lainnya

Tenaga Administrasi dan Penunjang Akademik

Tenaga administrasi yang tersedia adalah tenaga yang berlatar belakang pendidikan sesuai kebutuhan, yaitu:

Administrasi Akademik

  • Kualifikasi : Sarjana (S1) Administrasi: Jumlah : 1 (satu) Orang
  • Kualifikasi : SMU + keahlian komputer: Jumlah : 1 (satu) Orang

Selain itu, untuk menjaga agar ruangan-ruangan kuliah, perkantoran dan ruangan lainnya tetap bersih, nyaman dan terawat, telah dipekerjakan tenaga cleaning service

Manajemen Sumberdaya
Program Pascasarjana (S2) dengan Program Studi Manajemen dalam penyelenggaraan pendidikan perlu diikuti dengan peningkatan kualitas pengajar yaitu peningkatan jumlah pengajar yang bergelar Doktor dan Profesor di masa mendatang.

Pada saat ini Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pattimura sudah dosen yang berkualitas S2 = 34, S3 = 8 Prof = 1 dari jumlah 48 orang dosen tetap program Studi Manajemen Universitas Pattimura. Pada akhir tahun 2013 akan ada sebanyak 5 (lima) orang tenaga dosen yang menyelesaikan pendidikan magister dan pada akhir tahun 2015 sebanyak 3 (tiga) orang tenaga dosen yang menyelesaikan Studi Doktornya. Namun demikian masih dirasakan perlu adanya upaya peningkatan kualifikasi Dosen dengan jumlah dan spesifikasi mata kuliah, dan pengembangan metode pengajaran untuk Program Pascasarjana.

Karenanya kebutuhan dan rencana pengembangan dosen pada Program Studi Manajemen yang diusulkan berdasarkan jumlah dosen dapat dilihat pada Tabel 3 di bawah ini.

Tabel 3. Gambaran Kebutuhan Dosen Pengajar pada Program Pascasarjana Strata Dua (S2) Program Studi Manajemen

No

Klasifikasi Mata Kuliah

Mata Kuliah

Dosen

Mata Kuliah

Jumlah

Dosen

1

Kurikulum Inti

5

1 atau 2

5

2

Kurikulum Institusional

  1. Wajib

  2. Pendukung Disertasi

17

2

1 atau 2

1

17

1

Jumlah

24

23

Rencana Pengembangan peningkatan kualifikasi Dosen dan Jabatan fungsionalnya dapat dilihat pada Tabel 4.

Tabel 4. Pengadaan Dosen dan Rencana Pengembangannya

Rencana

S3

Guru Besar

Kondisi saat ini

  • Dosen Tetap

  • Dosen Luar Biasa

Pengembangan

  • Dosen Tetap

  • Dosen Luar Biasa

15

2

25

4

2

1

8

4

Kualifikasi Dosen dari segi kepangkatan dan golongannya pada Program Pascasarjana Strata 2 (Magister) Program Studi Manajemen dapat dilihat pada Tabel di bawah ini.

Tabel Kualifikasi Dosen pada Program Pascasarjana Strata 2 (Magister) Program Studi Manajemen

No.

Nama Dosen

Gol.

Bidang Keahlian

1.

Prof.Dr. F. Wattimena, M.Si

IVd

Manajemen Keuangan

2.

Prof. Dr. Th. Pentury, M.Si

IVc

Metode Kuantitatif

3.

Dr. Tubalawony. J, M.Si

IVc

Manajemen Operasional

4.

Dr. St. Siaila, M.S

IVc

Manajemen Keuangan

5.

Dr. J.R. Pattiruhu, SE.,M.Si

IVb

Manajemen Keuangan

6.

Dr. Latuihamallo. J, M.Si

Iva

Manajemen SDM

7.

Dr. R. Sitaniapessy, SE.,M.Si

Iva

Manajemen Pemasaran

8.

Dr. G.M. Pentury, SE.,M.M

IIId

Manajemen SDM

9.

Dr. S. Saptenno, SE.,M.Si

IIId

Manajemen Pemasaran

10.

Dr. S. Ferdinandus, SE.,M.Si

IIIc

Manajemen Keuangan

11.

Dr. A. Risambessy, SE.,M.AB

IIIc

Manajemen SDM

12.

Dr. F. Leuhery, S.Kom., M.M

IIIc

Manajemen SDM

13.

Luis. T. Ubra, M.Si (Doctor Candidate)

IVb

Manajemen SDM

14.

C. V. Latupapua, SE.M.M (Doctor Candidate)

IIId

Manajemen Strategi

15.

N. C. Lewaherilla, SE,M.M (Doctor Candidate)

IIId

Manajemen SDM

16.

V. E. Huwae, SE.,M.M (Doctor Candidate)

IIIc

Manajemen Pemasaran

Manajemen Mutu Pendidikan
Manajemen mutu akademik berkaitan dengan sistem pendidikan, meliputi sistem kredit semester dan proses belajar mengajar. Uraian mengenai manajemen mutu akademik yang akan dilaksanakan pada Program Pascasarjana Strata 2 (Magister) Program Studi Manajemen Universitas Pattimura sebagai berikut:

  1. Sistem Kredit Semester

Dalam penyelenggaraan Program Pascasarjana Strata 2 (Magister) Program Studi Manajemen Universitas Pattimura pada hakekatnya mengikuti Sistem Kredit Semester, yang merupakan sistem penyelenggaraan dimana beban studi mahasiswa, beban kerja tenaga pengajar dan beban penyelenggaraaan program pendidikan dinyatakan dengan Satuan Kredit Semester (SKS). Dalam penyelenggaraan pendidikan, beban kegiatan satu kredit ditentukan sebagai berikut:

  • Mahasiswa

Satu Kredit adalah beban studi untuk mengikuti keseluruhan acara per minggu selama satu semester yang terdiri dari:

  1. Enam puluh (60) menit acara kegiatan akademik dengan tenaga pengajar.
  2. Seratus dua puluh (120) menit acara kegiatan akademik yang tidak terjadwal tetapi direncanakan oleh tenaga pengajar (misalnya studi kasus, tugas dan lainnya).
  3. Seratus dua puluh (120) menit acara kegiatan akademik, yaitu kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa secara individual untuk mempersiapkan, mendalami atau untuk tujuan lain, misalnya membaca buku referensi (studi pustaka)
  • Staf Pengajar

Satu Kredit adalah beban penyelenggaraan pendidikan untuk melakukan 3 acara per minggu selama 1 semester yang terdiri atas:

  1. Enam puluh (60) menit acara tatap muka
  2. Seratus dua puluh (120) menit untuk merencanakan dan mengevaluasi kegiatan akademik terstruktur
  3. Seratus dua puluh(120) menit untuk pengembangan materi kuliah

Dengan demikian salah satu mata kuliah yang berbobot tiga (3) kredit terdiri dari kegiatan tatap muka akademik sebanyak dua (3) sesi, satu (1) sesi sama dengan 60 menit. Jadi kegiatan akademik 180 menit setiap minggunya selama satu semester.

Dalam setiap semester, beban maksimum yang diperbolehkan bagi seorang mahasiswa adalah 15 kredit. Pengambilan lebih dari 15 kredit hanya dimungkinkan bagi mahasiswa yang menunjukan prestasi dengan IPK lebih dari 3,5.

  1. Sistem Mentor

Untuk menjamin kelancara proses penyelenggaraan pendidikan dan menjamin kualitas lulusan, dilaksanakan program sistem kelompok. Sistem kelompok adalah pembagian mahasiswa peserta program ke dalam kelompok kecil, yang terdiri lima (5) orang mahasiswa peserta. Pengelompokkan ini tidak bersifat permanen dan penentuan kelompok ditentukan oleh bidang akademik Program Studi Manajemen

Setiap kelompok akan dipimpin oleh ketua dan dilengkapi dengan mentor sebagai supervisor dan tempat konsultasi bagi mahasiswa peserta program, baik dalam hal akademik maupun non-akademik. Dengan demikian kelompok ini diharapkan menjadi wadah aktivitas mahasiswa peserta untuk meningkatkan proses belajar selama menempuh studi di Program Manajemen.

  1. Proses Belajar Mengajar

Penyelenggaraan Proses Belajar Mengajar dilaksanakan dalam berbagai bentuk belajar yang diantaranya:

  • Perkuliahan
  • Diskusi Kelompok
  • Seminar
  • Kerja Mandiri

Dukungan Kerja Sama
Untuk pelaksanaan penyelenggaraaan pendidikan Program Pascasarjana Program Magister (2) Program Studi Manajemen tidak terlepas dari kerjasama yang sistematis dengan Fakultas Ekonomi Universitas Pattimura. Dalam pengembangan program studi di Fakultas Ekonomi Universitas Pattimura baik Program Strata 1 (S1), dan Strata 2 (S2) ini, Fakultas Ekonomi telah menjalin usaha kerja sama dengan instansi-instansi yang relevan antara lain:

  1. Pemerintah Provinsi Maluku,
  2. Pemerintah Kota Ambon,
  3. Pemerintah Kabupaten Seram Bagian Timur,
  4. Organisasi – organisasi profesi terkait Ilmu Manajemen
  5. Lembaga Kajian dan Penelitian
  6. Lembaga – lembaga terkait lainnya.