ProDi S2 Pend. Bahasa Inggris

PROFIL PROGRAM STUDI S2 PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS PASCASARJANA UNIVERSITAS PATTIMURA

SK Izin Penyelenggaraan:  Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi No. 45/M/KP/III/2015

VISI:
Menjadi Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Inggris yang menghasilkan tenaga ahli kependidikan bahasa Inggris yang unggul, inovatif dan kompetitif dalam rangka peningkatan mutu profesi pendidikan dan tenaga kependidikan di Indonesia.

MISI:
Melaksanakan pengajaran, penelitian dan  pengabdian kepada masyarakat (Tri Dharma) dalam rangka menghasilkan tenaga kependidikan yang profesional dalam bidang pengajaran kebahasaan, pendidikan  dan pengajaran Bahasa Inggris yang bermutu, inovatif, terampil dan memiliki daya saing di bidang pengetahuan dan teknologi pembelajaran.

 TUJUAN
Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Inggris PPs Universitas Pattimura bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang berkualifikasi sbb :

  1. Berjiwa Pancasila, bersikap terbuka, tanggap baik terhadap perubahan dan kemajuan ilmu dan teknologi, maupun terhadap masalah yang dihadapi oleh masyarakat, khususnya yang  berkaitan dengan masalah Pendidikan Bahasa Inggris.
  2. Mempunyai kemampuan untuk meningkatkan     pelayanan profesi melalui penelitian dan       pengembangan di bidang Pendidikan Bahasa Inggris.
  3. Mempunyai kemampuan untuk berpartisipasi dalam bidang pengembangan keahlian Pendidikan Bahasa Inggris.
  4. Memiliki kemampuan untuk mengembangkan kinerja profesi dalam kaitannya dengan bidang Pendidikan Bahasa Inggris.
  5. Mempunyai kemampuan untuk merumuskan pendekatan penyelesaian berbagai masalah yang berkaitan dengan pembelajaran Bahasa Inggris.

MANFAAT
Program Studi Magister (S2) Pendidikan Bahasa Inggris sangat bermanfaat untuk meningkatkan keahlian dan profesionalisme para pembina / penyelenggara pendidikan dan tenaga pengajar Bahasa Inggris. Program ini juga bermanfaat untuk mereka yang merencanakan melanjutkan pendidikan ke jenjang S3.

PENYELENGGARAN PROGRAM
Setiap mahasiswa diwajibkan menempuh 36 satuan kredit semester (SKS). Beban studi ini dapat diselesaikan dalam waktu empat semester.

KURIKULUM

MATA KULIAH MATRIKULASI

  • TOEFL
  • Statistika

 MATA KULIAH/ SEMESTER

Semester I

  • Foundation of English Education and Instruction
  • Academic Writing
  • Teaching English as a Foreign language
  • Research on Language Teaching
  • English Syllabus and Classroom Instructional Planning
  • English Language Education Management *

 Semester II

  • Critical Review on Second Language Acquisition Research
  • Critical Review on Applied Linguistics
  • Advanced Assessments in English Language Teaching
  • Issues in English Language Instruction
  • Material Development
  • Literature in English Language Teaching *

Semester III

  • Seminar
  • Semantics in Language Teaching *
  • Discourse Analysis *

 Semester IV

  • Master Research and Thesis

* Matakuliah Pilihan

STAF PENGAJAR

  1. L. S. Tamaela, M.A
  2. E. M. Hoesein, M.Ls
  3. Th. R. Souisa, M.Pd
  4. M. Leatemia, M.Pd
  5. M. F. Seknun, M.Pd.I
  6. Th. Frans, M.Pd
  7. I. C. Tamaela, M.Pd
  8. K. Karuna, M.Pd
  9. J. E. R. Marantika, M.Pd
  10. W. Akihary, S.Pd, M.Hum

PERSYARATAN PENDAFTARAN

  • Pendaftaran mahasiswa dibuka sejak tanggal 16 Maret 2016 – 02 Juli 2016.
  • Lulusan Pendidikan Sarjana Pendidikan Bahasa Inggris atau lulusan sarjana pada disiplin ilmu lainnya yang relevan..
  • Memiliki IPK minimal 2, 75
  • Lulus seleksi masuk yang dilaksanakan oleh Program Pascasarjana Universitas Pattimura.
  • Mendapatkan rekomendasi akademik dari 2 orang dosen yang memiliki kompetensi.
  • Bagi yang bekerja, diwajibkan membawa izin tertulis dari instansi tempat bekerja;
  • Surat keterangan tentang sumber pembiayaan studi selama mengikuti Program Magister;
  • Surat keterangan tentang sumber pembiayaan studi, termasuk biaya penelitian selama mengikuti Program Magister.
  • Persyaratan lain dapat diketahui pada saat pendaftaran.
  • Transkrip dan ijazah harus dilegalisir oleh Perguruan Tinggi asal, bagi ijazah luar negeri harus sudah memperoleh penyesuaian dari DIKTI.