ProDi S2 Pendidikan Biologi

PROFIL PROGRAM STUDI S2 PENDIDIKAN BIOLOGI

VISI, MISI dan TUJUAN

VISI
Program Studi Pendidikan Biologi PPs Universitas Pattimura Menjadi Pusat Pengembangan Pendidikan Biologi dan Sains Biologi yang Kreatif, Inovatif, dan Unggul Berbasis Kepulauan.

MISI
Menjadikan Program Studi Pendidikan Biologi PPs Universitas Pattimura sebagai lembaga yang menghasilkan sumberdaya manusia yang unggul untuk: 1) mengembangkan Pembelajaran Biologi dan Sains Biologi secara Kreatif, Inovatif, dan Unggul dalam memecahkan masalah-masalah Pendidikan Berbasis Kepulauan. 2) Meningkatkan kemampuan untuk pengembangan ilmu melalui riset. (3) Menyebarluaskan pengetahuan sesuai dengan keahlian yang dimiliki untuk memecahkan masalah di dalam masyarakat melalui kerja ilmiah.

Tujuan Program Studi
Tujuan Program Studi Pendidikan Biologi PPs Universitas Pattimura adalah menghasilkan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan biologi yang mempunyai ciri-ciri sebagai berikut.

  1. Menguasai IPTEK dalam Bidang Pendidikan Biologi dan Sains Biologi
  2. Menghasilkan Inovasi dalam Pembelajaran Biologi dan Sains Biologi.
  3. Menerapkan IPTEK dan Hasil-hasil Riset Pembelajaran Biologi dan Sains Biologi dalam Memecahkan Masalah-masalah Pendidikan di Wilayah Kepulauan

Kualifikasi Kompetensi Lulusan
Kompetensi yang diharapkan dimiliki oleh seorang lulusan Program Studi S2 Pendidikan Biologi adalah:

  1. Memiliki landasan kepribadian yang kuat dan mampu mempertanggung jawabkan setiap tindakan yang diambil apabila mereka terjun ke masyarakat dalam mengamalkan ilmu pengetahuan mengenai pendidikan biologi yang berbasis laut pulau ke masyarakat ataupun dalam aplikasi pengembangannya dalam menunjang pembangunan daerah.
  2. Memiliki kemampuan dalam mengidentifikasi dan menganalisis karakter maupun proses-proses biologi dan lingkungan habitat laut pulau untuk kepentingan pengembangannya.
  3. Menguasai disiplin ilmu pendidikan biologi dengan baik dan professional, sehingga mereka mampu membuat perencanaan dan pengelolaan sumberdaya pendidikan di Indonesia dan terlebih khusus di Maluku.
  4. Memiliki kemampuan untuk mengembangkan karir dalam disiplin ilmu yang ditekuninya sehingga dapat menjadi pembuka lapangan kerja (Job Creator) bagi masyarakat lainnya yaitu sebagai konsultan pendidikan.
  5. Mampu menerapkan ilmu pengetahuan dalam bidang pendidikan biologi dan Sains Biologi yang mengarah ke pola ilmiah pokok Unpatti yakni kelautan di wilayah kepulauan dengan dilandasi kepribadian yang handal serta mampu mengendalikan ilmu pengetahuan yang dimiliki untuk kepentingan pembangunan masyarakat luas.

Kurikulum
Kurikulum S2 Program Pendidikan Biologi diacukan pada visi dan misi serta pengembangan dan perkembangan ilmu dengan memperhatikan kurikulum jenjeng S1, struktur kurikulumnya mengikuti pola struktur kurikulum nasional dan disesuaikan dengan Pola Ilmiah Pokok Universitas Pattimura. Matakuliah Program Studi Pendidikan Biologi Program Pascasarjana Universitas Pattimura yang disajikan pada setiap semester berupa matakuliah PraPascasarjana, matakuliah Keahlian Berkarya (MKB), Matakuliah Keilmuan dan Keterampilam (MKK), Matakuliah Sikap dan Perilaku berkarya (MPB).

Kurikulum Program Studi Pendidikan Biologi Program Pascasarjana Universitas Pattimura dirancang sistematis untuk membantu pengembangan diri mahasiswa terkait dengan pengembangan ilmu Pendidikan Biologi dan Sains Biologi. Kurikulum dievaluasi setiap dua tahun sekali untuk menyesuaikan dengan perkembangan ilmu pengetahuan.

Materi pembelajaran, baik kedalaman, keluasan maupun bobot matakuliah setara dengan universitas-universitas besar di Indonesia. Materi yang diberikan mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan. Program Studi Pendidikan Biologi Program Pascasarjana Universitas Pattimura membekali mahasiswa untuk lebih kritis dalam memahami berbagai hasil penelitian. Masa studi mahasiswa diharapkan dapat diselesaikan dalam waktu 4 semesetr (2 tahun). Struktur kurikulum dan proses belajar mengajar di Program Studi Pendidikan Biologi Program Pascasarjana Universitas Pattimura diharapkan dapat memberikan kepuasan bagi mahasiswa dengan cara menerapkan sistem belajar mandiri, menggunakan metode, strategi, model pembelajaran aktif/kooperatif kolaboratif, serta pembahasan materi pembelajaran yang mendalam dan luas, terkini sehingga menghasilkan lulusan yang kreatif, unggul, dan berinovasi.

Selain itu, untuk menyiapkan lulusan yang siap bersaing di pasar kerja, maka program studi pendidikan biologi menyiapkan sarana berupa kursus-kursus, seminar-seminar, dan pelatihan-pelatihan. Terdapat 4 materi yang dikursuskan, yakni Makromedia, Pembelajaran berbasis E-Learning, Analisis data berbais SPSS dan Amos, serta TOEFL.

Dengan memperhatikan hal-hal di atas, disusunlah kurikulum seperti pada Tabel 1, sebagai berikut:

Tabel 1. Kurikulum Program Studi Magister Pendidikan Biologi

Kode Matakuliah

Nama Matakuliah

SKS

SEMESTER

0

1

2

3

4

Matakuliah Keahlian Berkarya (MKB)

BWK-121

Metodologi Penelitian

2

X

BWK-122

Landasan Pendidikan dan Pembelajaran

2

X

BWK-223

Problematika Pendidikan Bidang Studi

2

X

BWK-124

Filsafat IPA dan Bioetika

2

X

BWK-225

PBM Bidang Studi Biologi I

2

X

BWK-326

PBM Bidang Studi Biologi II

2

X

Matakuliah Keilmuan dan Keterampilam (MKK)

BWI-121

BioStatistik

2

X

BWI-122

BioKimia

2

X

BWI-123

Biologi Sel dan Molekuler

2

X

BWI-124

Mikrobiologi Lanjut

2

X

BWI-225

Genetika dan Evolusi

2

X

BWI-326

Bioteknologi

2

X

BWI-227

Fisiologi Lanjut

2

X

BWI-228

Ekologi Lanjut

2

X

BWI-229

Biologi Laut Lanjut

2

X

BWI-220

Mikroteknik dan Manajemen Lab*

2

X

BWI-221

Bioinformatika*

2

X

BWI-222

Pengajaran Remedi*

2

X

Matakuliah Sikap dan Perilaku berkarya (MPB)

BWS-301

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL)

1

X

BWS-302

Kuliah Kerja Lapangan (KKL)

NK

X

X

Tesis

TES-351

Seminar Usulan Tesis

2

X

TES-422

Tesis

6

X

PRAPASCA

PRABIO-001

Bahasa Inggris

0

X

PRABIO-002

Penulisan Karya Ilmiah

0

X

PRABIO-003

Statistik Deskriptif

0

X

PRABIO-004

Filsafat Ilmu

0

X

41

14

14

5

6

Keterangan:
*= Matakuliah Pilihan. Setiap mahasiswa hanya wajib memilih satu matakuliah. Dapat dilaksanakan bila jumlah mahasiswa yang menawarkan berjumlah ≥ 6 mahasiswa.
(X)= Dapat diselesaikan semester itu (jika tidak pada semester sebelumnya)

Berikut ini disajikan deskripsi tiap matakuliah pada program magister Pendidikan Biologi Program Pascasarjana Universitas Pattimura.

BWK-121. Metodologi Penelitian (2 sks/2 js)
Membahas prinsip-prinsip dan prosedur penelitian ilmiah sebagai pengantar dasar dalam penulisan tesis. Penekanan diletakan pada penelitian kuantitatif. Topik yang dibahas antara lain meliputi: pemilihan dan perumusan masalah, penelusuran kepustakaan, perumusan hipotesis, variable dan pengukurannya, jenis-jenis penelitian dan penyusunan usulan serta penulisan laporan penelitian. Pada akhir kuliah mahasiswa diharapkan dapat menyusun usulan penelitian untuk tesisnya.

BWK-122. Landasan Pendidikan dan Pembelajaran (2 sks/2 js)
Memahami pendidikan sebagai suatu sistim yang kompleks yang banyak kaitannya dengan sistem-sistem lainnya seperti sistem sosial, politik dan budaya. Dalam usaha memperoleh pemahaman tersebut, persoalan pendidikan dikaji dengan menggunakan berbagai landasan antara lain: landasan filosofis, historis, sosiologis, dan psikologis. Serta membahas beberapa pandangan, pendekatan dan proses perencanaan pengembangan dan pelaksanaan pembelajaran dalam latar pembelajaran formal, nonformal dan informal. Topik-topik yang dibahas meliputi: pandangan-pandangan tentang belajar, teori belajar dan teori pembelajaran, taksonomi tujuan pambelajaran, karakteristik pembelajar, strategi dan metode pembelajaran, organisasi isi pembelajaran, dan evaluasi system pembelajaran.

BWK-223. Problematika Pendidikan Bidang Studi (2 sks/2 js)
Mengembangkan pemahaman mahasiswa dan wawasannya tentang pendidikan yang luas, baik situasi “normal” maupun situasi problematic dengan membahas masalah umum pendidikan dan masalah khusus pengajaran. Kuliah tingkat lanjut ini mencakup segi-segi problematik teoritis dan praktik lapangan (di sekolah). Pokok-pokok masalah meliputi kebijaksanaan dan pengembangan dan arah kecendrungan dalam tinjauan masa depan. Mahasiswa secara perorangan mengusulkan topik (kasus) masalah dan berlatih membahas hakekat dan segi-segi permasalahannya dan meninjau kemungkinan pemecahannya.

BWK-124. Filsafat IPA dan Bioetika (2 sks/2 js)
Membahas konsepsi pengetahuan, ilmu, filsafat, filsafat IPA, organisasi, interelasi, hierarki, dan metode ilmu. Dibahas pula hakikat kebenaran, relativitas dan subjektivitas kebenaran ilmu serta limitasi IPA. Dilanjutkan pembahasan filsafat Biologi dan kaitan biologi dengan etika.

BWK-225. PBM Bidang Studi Biologi I (2 sks/3 js)
Membahas teori-teori yang mendasari PBM pada umumnya. Aplikasi teori-teori tersebut pada PBM Bidang Studi Biologi. Membahas berbagai pendekatan/metode PBM Biologi. Mengkaji artikel dari jurnal-jurnal PBM dan mempresentasikan hasil kajiannya dalam bentuk semiar dan diakhiri dengan tugas akhir berupa makalah akhir semester.

BWK-326. PBM Bidang Studi Biologi II (2 sks/3 js)
Membahas teori-teori mengenai asesmen pada umumnya maupun asesmen autentik khusus untuk Biologi. Aplikasi teori-teori tersebut di kelas. Berlatih mengembangkan, menguji coba, dan menganalisis hasil uji coba perangkat asesmen. Mengembangkan media pembelajaran yang terkait dengan bidang yang ditekuni mahasiswa. Mengkaji artikel dari jurnal-jurnal PBM dan mempresentasikan hasil kajiannya dalam bentuk seminar dan diakhiri dengan tugas akhir berupa makalah akhir semester.

BWI-121. BioStatistik ( 2 sks/ 2 js)
Membahas teknik-teknik analisis statistik yang banyak dijumpai pada laporan-laporan penelitian pendidikan biologi dan sains biologi. Topik yang dibahas antara lain penaksiran parameter populasi, pengujian perbedaan dua nilai stastik a.l. nilai rata-rata, proporsi dan kolerasi, analisis varian dan kovarian sederhana, regresi linier, dan beberapa tenik statistik nonparametrik. Matakuliah ini juga mencangkup latihan-latihan mengerjakan soal-soal di Laboratorium Komputer dengan menggunakan paket-paket program yang tersedia.

BWI-122. Biokimia (2 sks/3 js)
Membahas mengenai struktur, dan fungsi biomolekul dalam organisme. Juga dibahas metabolisme karbohidrat, protein dan lemak, siklus ATP dan bioenergenetika sel. Mengkaji Bioinformatika, dan transmisi materi genetic, pengenalan struktur kromosom dan gen secara sederhana, replikasi dan transkripsi DNA. Dilengkapi kegiatan praktikum.

BWI-123. Biologi Sel dan Molekuler (2 sks/3 js)
Membahas filosifi serta sejarah perkembangan biologi sel. Membahas penerapan hukum-hukum (konsep-konsep) fisika dan kimia dalam memahami proses hidup di dalam sel. Membahas secara mendalam konsep hubungan struktur dan fungsi baik pada jenjang molekul (makromolekul) maupun pada jenjang organella. Membahas secara mendetail proses hidup berupa gerak, penurunan serta ekspresi program kehidupan, metabolism, serta sistem komunikasi antar sel.

BWI-124. Mikrobiologi Lanjut (2 sks/3 js)
Membahas tentang peranan positif dan negatif mikroorganisme dalam kehidupan manusia, hewan dan tumbuhan, morfologi dan sitologi mikroorganisme prokariot (struktur membran, sporulasi, bioluminescens, kemotaksis), medium untuk mikroorganisme, pemeriksaan dan penghitungan bakteri dan kapang, penentuan kualitas mikrobiologi makanan dan minuman, pembiakan dan pertumbuhan mikroba, pengendalian mikroorganisme, daya desinfeksi antiseptik, daya antimikroba tanaman berkhasiat obat, pemanfaatan mikroba dalam bioremediasi, genetika molekuler mikroba, dasar-dasar rekayasa genetika, pemanfaatan kapang untuk pengendalian hayati serangga hama, teknik imunoassay, aktivitas bakteri dan kapang parasit pada tanaman, beberapa macam penyakit pada manusia yang disebabkan oleh bakteri atau jamur patogen serta patogenitasnya, pengendalian aktivitas mikroba perusak makanan melalui pengawetan makanan.

BWI-225. Genetika dan Evolusi (3 sks/3 js)
Membahas materi genetik: kromosom dan asam nukleat serta reproduksi materi genetik (replikasi pada makhluk hidup prokariotik dan eukariotik, transkripsi balik, siklus sel). Juga dibahas kerja materi genetik yaitu transkripsi, translasi pada makhluk hidup prokariotik dan eikariotik, kode genetic, regulasi kerja gen pada makhluk hidup prokariotik dan eukariotik, eksperesi kelamin, regulasi pembelahan sel, perkembangan one gene one enzyme hypothesis dan interaksi dalam kerja gen. Selanjutnya dibahas pula materi genetik yaitu mutasi dan rekombinasi. Juga dibahas genetika populasi yaitu model struktur populasi, telaah keanekaragaman, inbreeding dan outbreeding. Berikutnya dibahas pula rekayasa genetika. Selain itu, pembahasan difokuskan pada sejarah pemikiran asal-usul organisme dan spesies, teori evolusi biologis, landasan dasar dan faktor-faktor yang berperan dalam evolusi biologis, spesiasi, evolusi manusia dan evolusi kultural serta kontroversi teori evolusi biologis.

BWI-326. Bioteknologi (2 sks/2 js)
Membahas prinsip-prinsip bioteknologi dan aplikasinya sesuai dengan perkembangan teknologi hingga abad 21 pada bidang kedokteran, pertanian, peternakan, bioremediasi, farmasi, forensik dan bidang lain yang terkait dengan kesejahteraan manusia dan penerapannya pada praktikum dasar bioteknologi misalnya rekayasa gen, protein, serta dan mampu merancang pembelajaran bioteknologi pada tingkat sekolah menengah dan pendidikan tinggi.

BWI-227. Fisiologi Lanjut (2 sks/3 js)
Membahas aplikasi fisiologi tubuh terkait interaksinya dengan factor lingkungan, meliputi regulasi level gula darah terkait diabetes melitus, gangguan nutrisi, adaptasi metabolik, fertilitas, pengendapan cholesterol, penyakit jantung yang berhubungan stroke, AIDS, peristiwa Dormansi, pertumbuhan dan perkembangan, Fotosintesis, Respirasi, Siklus Nitrogen, karbon, tranpostasi ion melalui praktikum dan pembuatan petunjuk praktikum.

BWI-228. Ekologi Lanjut (2 sks/ 3 js)
Membahas memahami konsep dasar ekologi hewan dan ekologi tumbuhan dan aplikasinya, ekologi manusia-lingkungannya serta aplikasinya, hubungan konsep ekologi hewan, tumbuhan, manusia dan linkungan dengan tatanan sistem alam dan kejadian-kejadian alam di permukaan bumi agar dapat mengatasi permasalahan ekologi yang muncul dalam kehidupan dan perikehidupan di bumi.

BWI-229. Biologi Laut Lanjut (2 sks/3 js)
Membahas tentang konsep dasar biologi kelautan, produktivitas primer di laut, Faktor-faktor lingkungan laut, Zonasi di laut, berbagai biota di laut dan pesiair dari aspek bioekologinya, dampak kegiatan manusia terhadap laut, serta penggunaan teknik molekuler sebagai pendekatan untuk memecahkan berbagai permasalahan pencemaran di laut. Perkuliahan ini juga dikelola dalam penugasan-penugasan, serta presentasi dan diskusi.

BWI-220. Mikroteknik dan Manajemen Lab (2 sks/3 js)
Membahas tentang desain dan pengelolaan Laboratorium untuk pembelajaran IPA Biologi, membuat sediaan untuk pembelajaran berupa irisan permanen dengan menggunakan metode paraffin: pemakaian mikrotom, prinsip-prinsip pokok yang melatarbelakangi langkah-langkah kegiatan, zat fiksasif, koleksi spesimen, fiksasi, dehidrasi, penjernihan, infiltrasi, pengeblokan, pengirisan, penempelan, pengecatan, dan mounting. Mampu melakukan analisis desain lab dan analisis hasil pembuatan semua jenis sediaan yang dikembangkan dan mengkomunikasikan dalam seminar kelas.

BWI-221. Bioinformatika (2 SKS/ 3 js)
Membahas prinsip-prinsip teknologi DNA rekombinan, pengembangan prinsip-prinsip pengumpulan data berbasis molekuler (prinsip dasar isolasi dan pemurnian DNA, penanda DNA, prinsip dasar isolasi dan pemurnian protein), alignment data molekuler, pengenalan berbagai macam software untuk analisis berbasis data molekular dan mampu menafsirkan serta memahami hasil analisisnya yang digunakan untuk pembelajaran di tingkat sekolah maupun perguruan tinggi. Mencari contoh data dan melakukan analisis yang tepat dan mengkomunikasikan hasilnya dalam seminar kelas.

BWI-222. Pengajaran Remedi (2 SKS/ 3 js)
Mampu memahami prinsip-prinsip pembelajaran remedial, diagnosis kesulitan belajar peserta didik, teknik untuk mendiagnosis kesulitan belajar (tes prasyarat, tes diagnosis, wawancara, observasi), pelaksanaan remedial (pembelajaran ulang dengan metode dan media yang berbeda, belajar mandiri atau pemberian bimbingan secara khusus, pemberian tugas/latihan, belajar kelompok dengan bimbingan alumni atau tutor sebaya), penilaian remedial (prinsip dan prosedur).

BWS-301. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL)
Menghubungkan teori dengan praktik melalui pelaksanaan pengalaman langsung di lapangan yang dibimbing dan dinilai oleh dosen pembimbing. Mahasiswa merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi program-program pendidikan dalam berbagai latar (setting) kelembagaan dan/atau kemasyarakatan. Pada akhir masa pengalaman lapangan mahasiswa dituntut untuk menyusun laporan perorangan dan/atau kelompok.

BWS-302. Kuliah Kerja Lapangan (KKL) (NK)
Kegiatan non-kuliah yang dilakukan mahasiswa pada semester 3 atau semester 4, dalam bentuk kunjungan ke suatu objek yang dimaksudkan untuk memperkaya atau memperluas wawasan dalam bidang profesinya atau partisipasi aktif dalam suatu seminar atau konvensi dalam organisasi profesinya. Untuk melakukan kegiatan ini mahasiswa mengajukan proposal dan menulis laporan tentang pelaksanaan kegiatannya kepada Ketua Program Studi.

TES-351. Seminar Usulan Tesis (1 sks/2 js)
Matakuliah ini bertujuan untuk menanamkan sikap ilmiah, kemandirian, yang dikembangkan dengan perencanaan program oleh mahasiswa sendiri untuk memperdalam sutu topik dalam bidang studinya dalam rangka penyusunan proposal tesis. Untuk menunjang kegiatan ini, dosen menyediakan layanan konsultasi mengenai perencanaan umum: tujuan, materi, sumber belajar, dan menyediakan forum untuk saling memberi masukan berupa kritik dan saran dalam rangka penyusunan proposal tesis. Mahasiswa berlatih menulis dan mempresentasikan hasil kajian pustaka, permasalahan, dan metode penelitiannya di bidang pendidikan biologi atau bidang sians biologi yang menjadi minatnya sampai siap untuk dilaksanakan pengumpulan data di lapangan.

TES-422. Tesis (6 SKS/2 js)
Matakuliah ini bertujuan agar mahasiswa menyiapkan proposal tesisnya untuk selanjutnya digunakan dalam pengumpulan data. Tesis dikerjakan secara mandiri oleh mahasiswa dengan bimbingan dosen program studi. Tesis yang ditulis merupakan bagian yang tak terpisahkan dari bidang kajian pendidikan biologi dan sains biologi, yang digunakan sebagai salah satu syarat kelulusan dalam menempuh program magister

PRAPASCA

PraBio-001. Bahasa Inggris
Matakuliah ini disajikan untuk membelajarkan mahasiswa untuk dapat membaca secara cepat suatu bacaan berbahasa inggris melalui penugasan-penugasan.

PraBio-002. Penulisan Karya Ilmiah
Matakuliah ini mengajarkan mahasiswa untuk menulis mengenai diri sendiri, membaca sumber mengenai cara-cara menyusun karya ilmiah, serta berlatih mencari dan memanfaatkan sumber/ informasi untuk menyusun suatu karya ilmiah

PraBio-003. Statistik Deskriptif
Topik-topik perkuliahan ini meliputi macam-macam statistic deskriptif, seperti sebaran data, pengelompokkan data, ukuran tendensi sentral (seperti mean, modus, media, dan rata-rata ukur) serta simpangan (termasuk standar deviasi) maupun presensi grafis. Perkuliahan ini juga dikelola dalam penugasan-penugasan, serta presentasi dan diskusi.

PraBio-004. Filsafat Ilmu
Matakuliah ini membahas sejarah filsafat, serta pembahasan tentang epistemology, antologi, dan aksiologi. Perkuliahan ini juga dikelola dalam penugasan-penugasan, serta presentasi dan diskusi.

Proses Pembelajaran
Kualitas penyelenggaraan proses pembelajaran merupakan indikator keberhasilan layanan pendidikan. Beberapa indikator yang sering digunakan untuk hal tersebut adalah: (1) evaluasi proses belajar mengajar, (2) kelulusan Mahasiswa, (3) indeks prestasi akademik.

Evaluasi Proses Belajar Mengajar
Sesuai dengan tujuan Program Studi Pendidikan Biologi PPs Universitas Pattimura adalah menghasilkan pendidik dan tenaga kependidikan biologi yang menguasai IPTEK dalam Bidang Pendidikan Biologi dan Sains Biologi, memiliki Inovasi dalam Pembelajaran Biologi dan Sains Biologi, dapat menerapkan IPTEK dan Hasil-hasil Riset Pembelajaran Biologi dan Sains Biologi dalam Memecahkan Masalah-masalah Pendidikan di Wilayah Kepulauan, maka Program Studi Pendidikan Biologi PPs Unpatti menyelenggarakan proses belajar mengajar dengan menggunakan metode, strategi, dan model pembelajaran kooperatif kolaboratif melalui diskusi dalam kegiatan seminar kelas, membuat paper dan mempresentasikannya, melakukan review dan analisis kritis terhadap buku dan artikel. Dalam Kegiatan belajar mengajar fungsi dosen sebagai fasilitator dan mediator dalam memberikan kejelasan terhadap materi yang dibahas, memotivasi mahasiswa untuk mengembangkan diri dan mencari bahan dan materi yang lebih mendalam. Para mahasiswa dibentuk untuk menjadi pembelajar mandiri (self-learner), melalui pengembangan kemampuan belajar mandiri sehingga dapat berpikir kretis dan bertindak kreatif.

Selain itu, proses pembelajaran di Program Studi Pendidikan Biologi PPs Universitas Pattimura diarahkan untuk mengkombinasikan kemampuan akademik dengan pendalaman teoritis dan kemampuan praktis melalui kegiatan praktek kerja lapangan (PPL) dengan menggunakan lesson study, sehingga mahasiswa diberdayakan kemampuannya. Selain melakukan kegiatan PPL, mahasiswa diwajibkan mengikuti Kegiatan Kuliah Lapangan (KKL) di Program pascasarjana yang memiliki akreditasi A. Kegiatan KKL dilakukan pada Akhir semester 3 atau awal semester 4. Kegiatan ini bertujuan untuk menambah pengalaman belajar bidang biologi dari pakar di Universitas tempat kegiatan KKL.

Seluruh kegiatan belajar mahasiswa dipantau oleh pengelola dengan menggunakan metode evaluasi yang telah terstruktur dan standar. Hal ini dilakukan dimulai dari proses rekrutmen mahasiswa hingga kelulusannya. Pengelola terus memantau secara konsisten dan berkala sehingga diperoleh data yang akurat tentang peningkatan kapasitas akademik tiap mahasiswa. Proses evaluasi belajar mahasiswa di dalam kelas dilakukan oleh dosen sedangkan evaluasi kemajuan belajar mahasiswa secara umum dilakukan oleh Program Studi. Instrumen dan nilai mahasiswa pada tiap matakuliah mengikuti aturan dan standarisasi yang telah dibuat oleh Pihak Universitas dan Pascasarjana.

Pada akhir masa kuliah mahasiswa dituntut untuk dapat mengaplikasikan matakuliah yang telah didapatkannya di dalam dunia nyata dengan membuat tesis. Penawaran Tesis sampai dengan ujian akhir dilakukan melalui beberapa tahapan, yakni 1) Program Studi Pendidikan Biologi PPs Universitas Pattimura memberikan format pengajuan pembimbing tesis kepada mahasiswa berdasarkan minat dan keilmuan Dosen. 2) Pengelolah menentukan pembimbing tesis tiap mahasiswa dan diusulkan kepada Direktur PPs Unpatti untuk dibuat dalam Surat Keputusan Direktur PPs Unpatti. (3) tahapan seminar proposal usulan penelitian; (4) seminar hasil penelitian. (5) Untuk menjaga kualitas tulisan tesis, maka setelah mahasiswa melakukan seminar hasil penelitian, maka mahasiswa diwajibkan mendaftarkan naskah tesis untuk di scening oleh komisi anti plagiat Program Studi sebelum mahasiswa melakukan ujian akhir. (6) ujian tetutup (ujian akhir). Pada tahap seminar proposal usulan penelitian, dipersyratkan kehadiran minimal 5 orang mahasiswa agar seminar proposal dapat terselenggara. Demikian dengan kehadiran dosen penilai baik pembimbing maupun penguji, dipersyaratkan kehadiran minimal 4 dosen agar seminar proposal dapat terlaksana.

Program Studi Magister Pendidikan Biologi PPs Unpatti berusaha memfasilitasi interaksi antar mahasiswa dengan dosen baik di dalam kelas maupun di luar kelas. Mahasiswa dengan mudah dapat berkonsultasi dan bertanya kepada dosen, sehingga suasana akademik betul-betul dapat terlaksana dengan baik tanpa harus merasa takut dan canggung. Mahasiswa bebas menyampaikan ide-idenya dan dosen akan memperhatikan dan memberi petunjuk bila ada yang perlu diperbaiki. Hal ini terus berusaha untuik dilaksanakan secara seksama dan konsisten.

Mahasiswa, Jumlah Lulusan, dan Indeks Prestasi
Data mahasiswa Magister Pendidikan Biologi berjumlah 70 mahasiswa, dengan rincian pada Tabel 4 sebagai berikut.

Tabel 4. Jumlah Mahasiswa per Tahun Akademik

Tahun Akademik

Jumlah Mahasiswa

Laki-laki

Wanita

Aktif

Tidak Aktif

2013/2014

20

7

13

19

1

2014/2015

36

7

29

35

1

2015/2016

14

7

7

14

Data Jumlah kelulusan di Tahun Ajaran 2015/2016 pada Program studi Pendidikan Biologi Program Pascasarjana Universitas Pattimura sebanyak 5 mahasiswa dengan rata-rata indeks prestasi komulatif, yakni 3.83. Data Mahsiswa yang telah lulus pada tahun ajaran 2015/2016 tertuang pada Tabel 5 sebagai berikut.

Tabel 5. Indeks Prestasi Komulatif (IPK) Mahasiswa

No.

Mahasiswa yang telah Lulus

Tahun Lulus

IPK

Keterangan

1

Siani La Jamaludin

2015

3.86

Pujian

2

Giena G. Tamtalahitu

2015

3.88

Pujian

3

Lousiana Latuperissa

2015

3.79

Pujian

4

Trisanti Kurnia

2015

3.88

Pujian

5

Masita

2015

3.77

Pujian

Rata-rata IPK

3.83

Pujian

Sumberdaya Manusia
Sumberdaya yang mendukung penyelenggaraan Program Pascasarjana (S2) Program Studi Pendidikan Biologi terdiri dari sumberdaya Dosen, Tenaga Administrasi.

Dosen
Sumberdaya Dosen yang mendukung pelaksanaan penyelenggaraan Program Pascasarjana (S2) Program Studi Pendidikan Biologi adalah sebagai berikut:

  1. Dosen Tetap dengan Kualifikasi Guru Besar, dan Gelar Doktor.
  2. Dosen Luar Biasa yang Berkualifikasi Guru Besar, Gelar Doktor, dari Fakultas lain dalam lingkungan Universitas Pattimura.

Tenaga dosen, baik dosen tetap maupun dosen luar biasa diberikan tugas membina/mengasuh matakuliah yang sesuai dengan bidang/spesifikasi ilmu yang dikuasai. Demikian juga dengan kewenangan untuk pembimbingan mahasiswa (tesis) selain disesuaikan dengan kewenangannya juga disesuaikan dengan spesifikasi keahliannya masing-masing. Dengan cara demikian maka pemberian tugas yang tidak sesuai dengan kewenangan ataupun keahlian dosen tidak akan terjadi.

Daftar tenaga dosen pengajar yang akan memberi kuliah pada Program Studi Pendidikan Biologi PPs Universitas Pattimura dikelompokkan sebagai dosen tetap dan dosen luar biasa yang sudah menyatakan bersedia mengajar pada Program Pascasarjana (S2) Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Pattimura diperlihatkan pada Tabel 6 dan Tabel 7 sebagai berikut.

Tabel 6. Daftar Nama Dosen Tetap dan Jumlah Beban SKS

No.

Nama Dosen

Beban SKS

Sem. Gasal

Sem. Genap

Jumlah

1.

Prof. Dr. F. Leiwakabessy, M.Pd

6

6

12

2.

Prof. Dr. J. F. Rehena, M.Kes

6

4

10

3.

Prof. Dr. Ali Awan, M.Kes

4

6

10

4.

Dr. H. Tuaputty, M.Pd

4

6

10

5.

Dr. P. M. Papilaya, M.Pd

4

4

8

6.

Dr. D. Rumahlatu, M.Pd

4

4

8

7.

Dr. Th. Watugully, M.Kes

4

4

8

8.

Dr. Alwi Smith, M.Si

2

2

4

Tabel 7. Daftar Nama Dosen Tidak Tetap dan Jumlah Beban SKS

No.

Nama Dosen

Beban SKS

Sem. Gasal

Sem. Genap

Jumlah

1.

Dr. P. Kakisina, M.Si

4

2

6

2.

Dr. M. Nindatu, M.Kes

4

4

3.

Dr. E.K. Huliselan. M.Si

2

2

4.

Dr. C.A. Seumahu, M.Si

2

2

5.

Dr. N. Siahaya, M.Si

2

2

Sarana dan Prasarana
Untuk menunjang keberlangsungan proses pembelajaran pada Program Pascasarjana (S2) Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Pattimura, pihak Universitas menyediakan fasilitas penunjang berupa sarana dan prasarana yang dapat diuraikan sebagai berikut:

Tanah
Secara keseluruhan luasan Kampus Universitas Pattimura di Poka (di luar kota Ambon) adalah seluas ± 90 (sembilan puluh) Hektar, sedangkan luasan kampus Universitas Pattimura yang berlokasi di tengah kota Ambon adalah ± 1,5 (satu setengah) Hektar. Luasan yang diberikan kepada Program Pascasarjana (S2) adalah kampus dengan luasan tanah ± 1,5 Hektar tersebut yang tepatnya dengan alamat Jalan Dr. Latumeten, Ambon.

Kampus
Universitas Pattimura memiliki 2 (dua) Kampus. Kampus 1, terletak di tengah kota Ambon dengan luasan ± 1,5 Hektar yang terletak di jalan Dr. Latumeten, kampus 2, terletak diluar kota (Poka) dengan luasan ± 90 (sembilan puluh) Hektar. Kampus 1, adalah kampus yang digunakan khusus untuk Program Pascasarjana Universitas Pattimura.

Ruang Kuliah
Untuk menunjang proses belajar dan mengajar pada Program Pascasarjana (S2) Program Studi Pendidikan Biologi, sesuai dengan estimasi jumlah mahasiswa, Universitas Pattimura menyediakan ruangan kuliah sebanyak 3 (dua) ruang kuliah eksklusif untuk kapasitas 40 orang mahasiswa dengan ukuran masing-masing ruangan 8 x 8 m2.

Ruang Dosen
Untuk kelancaran pelaksanaan perkuliahan maka Universitas Pattimura menyediakan 1 (satu) ruang dosen yang representatif untuk Program Pascasarjana (S2) Program Studi Pendidikan Biologi dengan ukuran masing-masing 8 x 8 m2.

Ruang Perpustakaan
Ruang Perpustakaan yang terletak di Kampus Universitas Pattimura (yang diperuntukan Program Pascasarjana (S2) Universitas Pattimura) yang terletak di Jalan Dr. Latumeten, Ambon adalah seluas 782 m2 dan Perpustakaan Pusat yang terletak di kampus Poka seluas 2000 m2.

Ruang Laboratorium
Fasilitas Laboratorium yang dapat digunakan oleh Program Pascasarjana (S2) Program Studi Pendidikan Biologi adalah laboratorium milik Universitas Pattimura yang berada di kampus Poka Ambon yaitu:

  • Laboratorium tiap bidang Ilmu pada Jurusan Biologi FMIPA Unpatti
  • Laboratorium mikro teaching FKIP Unpatti
  • Laboratorium Pendidikan Biologi FKIP Unpatti

Ruang Kantor
Untuk menunjang kelancaran kegiatan administrasi pendidikan bagi civitas akademika dalam proses pembelajaran pada Program Pascasarjana (S2) Program Studi Pendidikan Biologi, maka disediakan ruang kantor yang terdiri dari Ruang Ketua Program Studi dengan ukuran 6 x 4 m2, Ruang Pelayanan Akademik dan Staf Tata Usaha dengan ukuran 3 x 2 m2.

Ruang Penunjang
Selain ruangan-ruangan dengan kegunaannya masing-masing yang telah dijelaskan (akademik dan administrasi), juga disediakan ruang-ruang penunjang lainnya seperti:

  • Ruang Diskusi
  • Ruang Rapat
  • Aula
  • Ruang Tunggu/Ruang Tamu
  • Kamar Mandi dan WC

Sarana Penunjang Kuliah
Untuk dapat terciptanya suasana perkuliahan yang nyaman dan tenang maka ruangan perkuliahan dilengkapi dengan:

  • 40 (empat puluh) kursi kuliah/ruangan
  • 1 (satu) set Infocus
  •  White Board
  •  AC/Pendingin Ruangan
  •  Perlengkapan Perkuliahan Lainnya

Tenaga Administrasi dan Penunjang AkademikTenaga administrasi yang tersedia adalah tenaga yang berpendidikan sesuai dengan Administrasi Akademik,

  • Kualifikasi : Lulusan S1 + Keahlian Komputer
  • Jumlah : 1 (satu) orang
  • Kualifikasi : Lulusan SMU
  • Jumlah : 1 (satu) orang

Untuk menjaga agar ruangan-ruangan yang digunakan untuk perkuliahan, perkantoran maupun ruangan lainnya tetap bersih, nyaman, serta terawat maka dipekerjakan tenaga ‘cleaning services’ sebanyak 1 (satu) orang.