ProDi S2 Sosiologi

PROFIL PROGRAM STUDI S2 SOSIOLOGI PASCASARJANA UNIVERSITAS PATTIMURA

IZIN PENYELENGGARAAN No. 3780/D/T/2005 TERAKREDITASI BAN-PT

NO.012/SK/BAN-PT/Ak-X/M/I/2013 TAHUN AKADEMIK 2016/2017

Perkembangan kehidupan sosial budaya secara lokal, nasional, maupun global, dengan berbagai dampaknya yang spektakuler, telah memunculkan aneka kegairahan, persaingan, konflik,  harapan, dan kecemasan mekar yang cenderung mendeterminasi alam kehidupan aktual masyarakat. Pemerintah dan masyarakat bangsa sedunia, di Indonesia, khususnya di Maluku, berhadapan  dengan sebuah tugas raksasa dalam rangka; pemulihan (recovery), solidaritas (solidarity), pendamaian sejati (sustainable peace), pemberdayan (empowerment), transformasi (transformation), pengembangan (development), dan kesejahteraan (welfare) hidup bermasyarakat secara luas. Hal itu, oleh Perguruan tinggi, dilihat sebagai tanggungjawab yang patut, dan karenanya, perlu dicari langkah-langkah terobosan serta terapi-terapi akademis yang baru dan segar dalam rangka membangun kecerdasan sosial budaya masyarakat untuk makin mewujudkan kapasitas dirinya sebagai ciri masyarakat berperadaban yang bermartabat, maju, dan mandiri. Langkah penyiasatan mana dilakukan dengan mendorong pengembangan pendidikan sosial budaya, baik secara akademis maupun profesional, dalam sebuah regulasi pendidikan pascasarjana. Tujuannya, mempersiapkan tenaga-tenaga pemikir, penggerak, perencana, birokrat, politisi, akademisi, serta aktifis budaya dan kemasyarakatan  yang bermutu bagi tugas kemasyarakatan yang berkeadaban.  Universitas Pattimura, dalam tanggung jawabnya yang demikian, setelah berbenah diri dengan berbagai kemampuan yang ada, telah mendapat persetujuan dari Pemerintah Pusat cq Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Depertemen Pendidikan Nasional RI, berdasarkan SK. No. 3780/D/T/2005 untuk menyelenggarakan Pendidikan Pascasarjana Program Studi Sosiologi, yang pelaksanaannya mengacu pada Undang-Undang maupun Peraturan Pemerintah yang berlaku.

 FILOSOFI

Program   Studi  Sosiologi pada Program Pascasarjana  Universitas  Pattimura   yang   ditawarkan,  secara  filosofi,  dirancang  dalam sebuah sinergitas antara ilmu-ilmu sosial budaya, antropologi, masyarakat kepulauan, dan pembangunan kewilayahan  dalam  bentuk  pendekatan yang holistik-integratif demi terwujudnya Produk Unggul Berbasis Kepulauan”

  1. Meningkatkan kualitas kinerja program studi sosiologi Program Pascasarjana Unpatti melalui pengembangan institusi secara berkelanjutan berdasarkan standar penjaminan mutu
  2. Menyelenggarakan pendidikan yang dialogis, partisipatif, dinamis, dan inovatif berwawasan kepulauan menjawab tantangan dan kebutuhan pembangunan masyarakat pada aras nasional, regional, internasional, terutama lokal.
  3. pengembangan IPTEKS sekaligus menjawab tantangan dan kebutuhan pembangunan sosial budaya serta ekonomi masyarakat pada aras nasional, internasional, terutama lokal.
  4. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat yang berkualitas baik dalam kerangka alih pengetahuan (Transfer Of Knowledge), pertukaran pengetahuan (Knowledge Exchange) maupun berbagi pengetahuan (Knowledge Sharing)

TUJUAN PENDIDIKAN

  1. Memperkuat kedudukan dan peran Program Studi Sosiologi Program Pascasarjana UNPATTI agar berkemampuan menyelenggarakan pendidikan tinggi yang berkualitas secara berkelanjutan.
  2. Menghasilkan lulusan Magister yang memiliki moral, etika, berdedikasi tinggi dan kompetensi akademik yang unggul berwawasan kepulauan, berkemampuan inovatif, kreatif dan analitik untuk menjawab tantangan dan kebutuhan pengembangan masyarakat yang multikultural.
  3. Menghasilkan karya-karya penelitian berwawasan kepulauan yang berkualitas, baik untuk pengembangan IPTEKS maupun menjawab tantangan dan kebutuhan masyarakat dalam berbagai aspek kehidupan.
  4. Mendiseminasi informasi pengetahuan dan mengaplikasikan IPTEKS untuk mendorong kemajuan pembangunan dan pengembangan masyarakat.

 KURIKULUM

Kurikulum Strata dua (S2) Program Studi Sosiologi Universitas Pattimura bertujuan agar mahasiswa dapat memahami dan mengembangkan studi-studi sosiologi-antropologi di dalam membangun kompetensi intelektual maupun praktikal sehingga mampu berperan sebagai penggerak pembangunan masyarakat dan budaya secara kritis dan inovatif. Untuk itu,  Program Magister Sains  Program Studi Sosiologi Universitas Pattimura dibangun dari komponen-komponen tersebut berfungsi membentuk kompetensi hasil didik.

Struktur Kurikulum akan terdiri dari :

Mata Kuliah Pra-Pascasarjana / Matrikulasi (0 SKS) yang terdiri dari :

  1.  Dasar-dasar Sosiologi
  2.  Dasar-dasar Antropologi
  3.  Statistik Sosial
  4. Bahasa Inggris
  5. Filsafat Ilmu

Melalui komponen matrikulasi ini diharapkan mahasiswa dapat mampu menguasai dasar-dasar pemikiran ilmu–ilmu sosial dan pembengunan kehidupan sosial budaya masyarakat secara nyata.

Kurikulum Inti dan Kurikulum Intutisional. Jumlah mata kuliah yang wajib diambil adalah 14 mata kuliah dengan total 44 SKS yang harus ditempuh minimal dalam 4 (empat) semester dan maksimal 8 (delapan) semester.

PROFIL PESERTA DIDIK

Program Magister Sains Program Studi Sosiologi, sesuai spesifikasi keahliannya, menerima calon mahasiswa dari berbagai latar belakang pendidikan S1, seperti; S1 Sosiologi, antropologi, Hukum, Pemerintahan, Administrasi, Kesehatan Masyarakat, Ilmu Kependidikan IPS, Komunikasi, Ekonomi, Sastra, Teologi, Filsafat, dan berbagai ilmu lain yang relevan.

MATA KULIAH DAN STAF PENGAJAR

Nama Mata kuliah SKS W/P
Semester I

  1. Teori-teori Sosiologi
  2. Teori-teori Antropologi
  3. Metode Penelitian Kuantitatif
  4. Filsafat Masyarakat Kepulauan
  5. Sosiologi Konflik Dan Perdamaian
 

3
3
3
3
3

 

W
W
W
W
W

Semester II

1.      Metode Penelitian Kualitatif

Peminatan

  1. Mata Kuliah Wajib
  2. Mata Kuliah Pilihan
 

 

3

6
6

 

 

W

W
P

Semester III

  1. Reading Course
  2. Proposal
 

2
2

 

W
W

Semester IV

  1. Seminar Thesis
  2.  Thesis
 

2
8

 

W
W

Total: 14  Mata Kuliah 44 SKS

Staf  pengajar  Program   Studi  Sosiologi  terdiri  dari para Guru Besar dan tenaga Doktor yang berkualifikasi di bidang Sosial  Budaya.

Staf Pengajar
  1. Prof. Dr. Mus Huliselan, DEA
  2. Prof. Dr. A. Watloly, S.PAK, M.Hum
  3. Prof. Dr. R. M. Z. Lawang, MA
  4. Prof. Dr. H. L. Soselisa, MA
  5. Prof. Dr. T. D. Pariela, MA
  6. Prof. Dr. Ir. R. M. Osok, M.Sc
  7. Dr. T. Soumokil, MA
  8. Dr. P. J. Pelupessy, M.Si
  9. Dr. P. Koritelu, S.Sos, M.Si
  10. Dr. Ir. J. R. Salamena, M.Si
  11. Marthin Ndoen, SE, M.Si, P.hD
  12. Drs. W. R.. Sihasale, M.Hum
  13. Drs. A. R. Malawat, M.Si
  14. Drs. S. Angkotasan
  15. Dra. Ny. E. Titaley, M.Si
  16. Marlissa, S.Ip, MT

PERSYARATAN PENDAFTARAN

  • Pendaftaran mahasiswa Pascasarjana baru akan dimulai pada 16 Maret s/d 02 Juli Tempat pendaftaran : Sekretariat Program Pascasarjana Universitas Pattimura. d/a. Jl. Dr. Tamaela, (Kampus PGSD) Tlp. (0911) 311803 – Ambon, Email : pasca@mail.unpatti.ac.id
  • Biaya pendaftaran, Biaya Matrikulasi, Uang Jaket Pascasarjana
  • Pembayaran dilakukan pada saat pendaftaran dengan mengambil kwitansi pendaftaran pada bagian keuangan Program Pascasarjana Universitas Pattimura.
  • Persyaratan :
    • Memiliki Ijasah Sarjana Ilmu Sosial dan Politik Pada Universitas Negeri atau sederajat dengan IPK minimal 2.75.
    • Pemegang Ijasah Sarjana (S1) dari bidang ilmu yang sesuai atau berkaitan dengan Program Studi yang akan diikuti.
    • Lulus seleksi masuk yang dilaksanakan oleh Program Pascasarjana Universitas Pattimura.
    • Lamaran calon peserta didik diajukan secara tertulis dengan mengisi formulir yang telah tersedia.
    • Mendapatkan surat rekomendasi dari Dosen/Mantan Dosen/Atasan yang dapat dijadikan referensi.
    • Jika dalam status bekerja harus memperoleh ijin tertulis dari instansi tempat bekerja.
    • Surat keterangan tentang sumber pembiayaan studi, termasuk biaya penelitian selama mengikuti Program Magister.
    • Persyaratan lain dapat diketahui pada saat pendaftaran.