Fakultas ISIP

PROFIL FAKULTAS ILMU POLITIK DAN ILMU SOSIAL UNIVERSITAS PATTIMURA
homepage: fisip.unpatti.ac.id


VISI:
Terwujudnya layanan prima berkualitas sebagai basis penyelenggaraan Tridharma Pergurian Tinggi yang handal, bertumpu pada keunggulan spasial dan potensi lokal dalam masyarakat kepulauan yang multikultural.

MISI:
Untuk mewujudkan visinya, FISIP UNPATTI mempunyai misi sebagai berikut :

  1. Mewujudkan layanan prima berkualitas dalam penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran sesuai realitas kebutuhan masyarakat kepulauan.
  2. Menumbuh kembangkan layanan prima berkualitas guna memperoleh hasil-hasil penelitian dan pengabdian yang unggul mutu (kreatif dan inovatif) dan bermanfaat bagi masyarakat.
  3. Mewujudkan layanan prima berkualitas, dengan melakukan reformasi birokrasi pendidikan sehingga pro-layanan prima berkualitas dan pro-mutu berdasarkan prinsip partisipasi, transparansi, dan akuntabilitas yang tinggi.
  4. Menumbuh kembangkan budaya layanan prima berkualitas termasuk di dalamnya budaya pro-mutu sebagai bagian integral dari tradisi akademik FISIP UNPATTI
  5. Mewujudkan dan memperkuat layanan prima berkualitasmelalui sistem pendidikan berbasis program studi dan riset, sehingga mampu menstimulasi iklim akademik yang fair dan kompetitif, menjadi kekuatan saing secara nasional dan internasional.
  6. Mendukung perkuatan layanan prima berkualitas dalam penyelenggaraan Program Ekstensi/Reguler II sebagai bagian integral dari kekuatan FISIP UNPATTI dalam membangun daya saing secara nasional dan internasional.
  7. Memperkuat status Senat Fakultas sebagai lembaga normatif tertinggi, sehingga mampu berperan menghasilkan dan mengarahkan kebijakan-kebijakan strategis bagi kepentingan pengembangan layanan prima berkualitas di FISIP UNPATTI.
  8. Menghasilkan analisis ketenangan yang tepat sesuai Pola Ilmiah Pokok (PIP) dan rencana pengembangan FISIP UNPATTI di masa mendatang sebagai entry point untuk memperoleh sumberdaya manusia yang unggul dalam rangka layanan prima berkualitas.
  9. Menyediakan fasilitas bagi pengembangan sumberdaya manusia tenaga pengajar terutama pada jenjang magister ke jenjang doktoral, dan sumberdaya penyelenggara pendidikan lainnya dalam rangka mendukung terciptanya layanan prima berkualitas.
  10. Menyediakan peluang yang kondusif bagi para Guru Besar (Profesor) dan Doktor untuk beraktivitas secara akademik, sehingga mampu menghasilkan gagasan-gagasan maupun temuan-temuan yang bermanfaat bagi pengembangan ilmu dan masyarakat di daerah maupun secara nasional sebagai salah satu manifestasi layanan prima berkualitas.
  11. Melengkapi dan meningkatkan fasilitas pendukung yang tepat sesuai kebutuhan dan peruntukannya sebagai media layanan prima berkualitas untuk penyelenggaraan proses pendidikan berbasis program studi dan riset.
  12. Melengkapi dan meningkatkan fasilitas pendukung penelitian yang tepat sesuai peruntukannya sebagai media layanan prima berkualitas guna memperoleh hasil-hasil penelitian yang unggul mutu(kreatif dan inovatif) dan bermanfaat bagi masyarakat.
  13. Melengkapi dan meningkatkan fasilitas pendukung pengabdian kepada masyarakat sebagai media layanan prima berkualitas guna memberikan kontribusi bagi pembangunan masyarakat baik secara nasional maupun daerah.
  14. Memantapkan dan mengembangkan jejaring kerja sama dalam dan luar negeri yang memungkinkan FISIP UNPATTI memperoleh manfaat sehingga mampu menyelenggarakan  layanan prima berkualitas.

TUJUAN:

  1. Mewujudkan Tri Dharma Perguran Tinggi di FISIP UNPATTI secara efisien, efektif dan produktif sehingga mampu menghasilkan lulusan yang berkualitas dan bermoral serta berdaya saing tinggi di tingkat lokal, regional, nasional dan internasional.
  2. Mewujudkan FISIP UNPATTI sebagai lembaga pendidikan tinggi akademis yang berkompeten, responsive, profesinal dan akuntabel dalam pembangunan masyarakat kepulauan yang bersifat multikultural.

Kampus Fisip